ADVERTISEMENT

Antisipasi Penyebaran Covid-19, BIN Gelar Swab Tes Massal ke 350 Petugas

Selasa, 8 September 2020 15:37 WIB

Share
Antisipasi Penyebaran Covid-19, BIN Gelar Swab Tes Massal ke 350 Petugas

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Ratusan pegawai Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengikuti swab tes massal yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) di Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/9/2020).

Kepala Tim Wilayah Sub Gugus Tugas Covid-19 BIN, Brigjen Sony Arifianto mengatakan, swab test ini digelar dalam rangka percepatan penanggulangan penyebaran Covid-19, terutama di lingkungan KPLP.

"Kita dari Medical Intelligence Badan Intelijen Negara mengadakan swab test bekerjasama dengan KPLP dengan target sekitar 350 peserta atas dasar perintah dan arahan dari petunjuk dari Kepala BIN," kata Sony di lokasi.

Baca Juga Jajaran Pengadilan Negeri Jakpus Jalani Tes Swab 

Swab test massal yang digelar di lapangan Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, dimulai sejak pukul 08:00 WIB . Sebanyak , 25 petugas medis pun turut dilibatkan untuk pelaksanaan swab test terhadap ratusan peserta secara bergiliran.

Direktur KPLP, Ahmad mengapresiasi kegiatan kolaborasi yang dilaksanakan bersama BIN ini. Menurut Ahmad, swab test ini dapat menjadi deteksi dini penyebaran Covid-19 bagi pegawai KPLP, yang sehari-harinya berinteraksi dengan masyarakat.

"Tentunya kapal-kapal kita dan krunya di lapangan, dengan membawa kapal dalam hal penegakkan hukum yang selalu dan senantiasa berinteraksi dengan masyarakat dan pengguna jasa, sangat perlu dilaksanakan swab test semacam ini," ucap Ahmad.

Baca JugaAnggota TNI dan Polri Mengikuti Swab Test di Puskesmas Cilincing

Selain itu, Ahmad juga menilai bahwa swab test ini bisa memberikan ketenangan dan kepastian bagi para pegawainya. Sekaligus mengantisipasi terjadinya kemungkinan- kemungkinan tertular, tempat isolasi mandiri pun telah disiapkan.

"Tentunya sebagaimana aturan protokol kesehatan, kita pun telah menyiapkan tempat isolasi mandiri bila ada yang terpapar . Tapi kita harapkan itu tidak terjadi," katanya. (deny/tha)

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT