ADVERTISEMENT

Awas! Ada Potensi Pencurian Data Pekerja Penerima BSU Lewat Medsos

Rabu, 2 September 2020 08:18 WIB

Share
Awas! Ada Potensi Pencurian Data Pekerja Penerima BSU Lewat Medsos

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Masyarakat pekerja diminta waspada terhadap munculnya potensi penipuan hingga pencurian data dalam pengajuan Melalui media sosial, terkait bantuan subsidi upah (BSU) yang dikucurkan pemerintah.

“Kami mendapati ada upaya pencurian data via media sosial dengan menggunakan akun palsu yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK. Saya tegaskan bahwa syarat penerima BSU ini mutlak berdasarkan kriteria dari Permenaker 14 tahun 2020,” papar Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto, usai menyerahkan data 3 juta peserta penerima bantuan subsidi upah (BSU) gelombang kedua ke Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Senin Selasa (1/9/2020) .

Sebelumnya pada 24 Agustus, pihaknya juga sudah menyerahkan data 2,5 juta pekerja, bahkan BSU sudah diserahkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo di Istana negara kepada sejumlah pekerja, pada Kamis (27/8/2020).

Karena itu, Agus mengimbau,  jika ada pekerja yang merasa kriterianya telah terpenuhi, cukup menunggu dana ditransfer ke rekening, tidak perlu memberikan data atau informasi pribadi kepada pihak yang tidak berwenang.

“Wewenang pengkinian data terkait program BSU hanya dapat dilakukan oleh HRD perusahaan langsung ke sistem BPJAMSOSTEK,” tegasnya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai program BPJAMSOSTEK dan BSU, lanjutnya, masyarakat dapat mengakses akun media sosial resmi BPJAMSOSTEK @bpjs.ketenagakerjaan pada Instagram, @bpjstkinfo pada platform Twitter, dan BPJS Ketenagakerjaan pada Facebook dimana keseluruhan akun tersebut sudah berstatus Terverifikasi.

“Kami sangat mengharapkan kerjasama semua pihak agar proses pengumpulan nomor rekening pekerja calon penerima BSU ini berjalan dengan lancar agar dana BSU yang diterima para pekerjapl peserta BPJAMSOSTEK dapat dimanfaatkan dengan baik dan perekonomian Indonesia kembali normal,” pungkas Agus.

Hati-hati

Penyerahan data pekerja dilakukan secara bertahap,  lanjut Agus,  untuk mempermudah proses rekonsiliasi, monitoring dan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam pelaksanaan program BSU.

"Dari target calon penerima BSU 15,7 juta, saat ini telah terkumpul sebanyak 14,2 juta nomor rekening, dan sudah kami validasi berlapis sampai dengan tiga tahap, hingga jumlah data yang tervalidasi mencapai 11,3 juta. Dari jumlah tersebut telah kami serahkan sebanyak total 5,5 juta data peserta  dalam dua tahap," jelas Agus dalam keterangan tertulisnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT