JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya memaksimalkan peran dalam mendukung perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).
Bentuk dukungan itu disinergikan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pihak Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).
Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care Anis Hidayah mendukung upaya dari Kementerian BUMN dalam melindungi pekerja Migran Indonesia dan diharapkan dalam implementasinya sesuai dengan kebutuhan yang dapat mendorong kesejahteraan bagi para pekerja itu sendiri.
“Menurut saya bagaimana pola-pola kerja sama seperti ini, harus dipastikan implementasinya bisa jalan kemudian berkelanjutan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh temen-teman migran dan apa yang dilakukan itu mesti menjawab kebutuhan temen-teman pekerja migran,” kata Anis, Kamis (27/8)
Bentuk komitmen dari kerjasama Kementerian BUMN dan BP2MI dalam memberikan perlindungan bagi PMI diantaranya, Kementerian BUMN turut memfasilitasi pendidikan dan pelatihan kerja bagi calon PMI, keberangkatan dan kepulangan PMI, remitansi bagi PMI, dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro, pelatihan kewirausahaan, dan promosi produk purna PMI.
Menurut Anis, implementasi dari kerjasama itu harus terealisasi dan berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara signifikan bagi para Pekerja Migran.
“Apapun yang akan dilakukan pemerintah termasuk BP2MI itu basisnya adalah kebutuhan Pekerja Migran, negara itu kan harus memfasilitasi apa yang dibutuhkan Pekerja Migran,” katanya.
Lanjut Anis, terobosan pemerintah dalam memberikan fasilitas pelayanan kebutuhan Pekerja Migran harus mengacu pada data-data, melalui proses kajian dan asesement yang akurat agar tepat sasaran dan tidak berlandaskan asumsi.
“Sebenarnya apapun yang akan dilakukan pemerintah kalau itu basisnya itu adalah kebutuhan Pekerja Migran itu akan baik dan juga harus dipikirkan keberlanjutanya,” ujar Anis
Salah satu dukungan BUMN terhadap PMI ialah fasilitas transaksi keuangan terpadu melalui Aplikasi Mobile Giroku yang disediakan oleh PT Pos Indonesia.
Aplikasi Mobile Giroku adalah mobile aplikasi (Android/IOS) berbasis Giropos yang dikembangkan khusus untuk Pekerja Migran Indonesia dengan fitur-fitur kemudahan transaksi keuangan meliputi penyimpanan uang, payment gateway dan weselpos bagi Pekerja Migran Indonesia di Negara Tujuan Penempatan dan Keluarga Pekerja Migran Indonesia di Indonesia.