ADVERTISEMENT

Air Terjun Situmurun Bisa Jadi Pilihan Destinasi Wisatamu

Rabu, 26 Agustus 2020 19:26 WIB

Share
Air Terjun Situmurun Bisa Jadi Pilihan Destinasi Wisatamu

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SUMATERA - Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, jangan lupa mampir ke wisata air terjun Situmurun.

Aliran air terjun pada umumnya berasal dari air sungai maupun anak sungai yang mengalir dari tempat tinggi. Namun, berbeda dengan Air Terjun Situmurun yang mengalir langsung ke Danau Toba. Pesonanya dapat dinikmati dari atas kapal maupun berenang langsung di sekitar.

Air Terjun Situmurun begitu istimewa. Tingginya saja mencapai 70 meter dengan 7 tingkatan. Tak heran bila pesonanya membuat pelancong rela menempuh perjalanan jauh. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir.

Berkunjung ke sini, Teman Traveler dapat sekaligus menyaksikan lanskap Danau Toba. Air Terjun Situmurun atau Binangalom tergolong lumayan jauh dari perkotaan jadi dijamin di tempat ini masih asri.

Akses menuju ke tempat ini hanyalah melalui jalur transportasi air. Untuk ke tempat ini juga biasanya dengan menyewa kapal yang harganya mulai dari Rp 1.000.000 sampai Rp 2.500.000 tergantung kapasitas dan besar kecilnya kapal. Namun kapal tersebut sudah dapat mengangkut penumpang sekitar 50 sampai 100 orang. Jadi disarankan Teman Traveler datang ke tempat ini bersama rombongan agar biaya terasa ringan.

Apabila masih tersisa banyak waktu kita bisa juga loh meminta awak kapal untuk berkeliling-keliling di sekitar Danau Toba. Seperti ke Desa Sigapiton, Batu Gantung, Tomok, Ambarita serta Tuk-tuk tergantung kesepakatan dengan pihak awak kapal.

Nah, di Air Terjun Situmurun atau Binangalom ini Teman Traveler bisa berenang juga. Airnya sangat segar namun sangat disarankan agar tidak terlalu dekat dengan area jatuhnya air terjun karena biasanya di tempat tersebut putaran air sangat kuat. Di setiap kapal juga akan disediakan pelampung untuk para penumpang, jadi jangan khawatir untuk keamanannya.

Selain itu, Teman Traveler juga bisa melakukan aktivitas lain yakni memancing. Dengan membawa perlengkapan memancing karena di lokasi ini tidak disediakan sewa atau jual beli alat memancing.

Biasanya untuk biaya masuk ke tempat ini, Teman Traveler tidak perlu membayar retribusi lagi karena sudah menjadi tanggung jawab dari awak kapal. Nah, gimana apakah teman traveler tertarik untuk melihat langsung  keindahan Air Terjun Situmurun sekaligus Danau Toba? Jangan sampai terlewatkan saat anda berlibur ke Pulau Samosir. (mia/tha)

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT