ADVERTISEMENT

Bantuan Dana Rp. 600 Ribu Bagi Pekerja Disalurkan Hari Ini

Senin, 24 Agustus 2020 18:44 WIB

Share
Bantuan Dana Rp. 600 Ribu Bagi Pekerja Disalurkan Hari Ini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pemerintah telah memastikan dana bantuan langsung tunai (BLT) subsidi upah akan segera dicairkan.

Program ini menyasar para pekerja yang bergaji di bawah Rp.5 Juta. Adapun bantuan dana ini masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, dana BLT sebesar Rp600 ribu telah disalurkan pada hari ini untuk tahap pertamanya.

"Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan permenakarnya dan Dipa sudah diterbitkan, sehingga mulai 24 Agustus ini sudah bisa disalurkan tahap pertamanya," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/8/2020).

Sri Mulyani mengatakan proses pembentukan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sudah dirampungkan oleh kementerian teknis. DIPA  pun sudah bisa diterima Kemenkeu.

Sri Mulyani tak merinci berapa penyaluran di tahap pertama. Namun ia memastikan bantuan sejumlah Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan sudah mulai ditransfer dengan mekanisme 2 kali penyaluran.

Adapun program ini menelan dana Rp37,87 triliun. Targetnya 15,7 juta pekerja anggota atau yang terdaftar di Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan per Juni 2020.

Selama persiapan program ini, Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah merampungkan kebutuhan data dari BPJS Ketenagakerjaan. Bagi karyawan swasta, pemerintah telah mengumpulkan data berupa nama dan nomor rekening.

Selain swasta, pemerintah juga memastikan di dalam daftar penerima juga mencakup guru honorer. Datanya pun sudah diajukan kepada kementerian terkait.

“Mereka yang mendapatkan manfaat ini baik yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan maupun yang sekarang dalam proses penyempurnaan database yang ada di Kemendikbud maupun Menpan RB," ucap Sri Mulyani. (rizal/tha)

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT