ADVERTISEMENT

Seberapa Bahayakah Gadget untuk Anak?

Minggu, 23 Agustus 2020 08:30 WIB

Share
Seberapa Bahayakah Gadget untuk Anak?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Penggunaan gadget di kalangan anak muda sudah menjadi kebutuhan primer. Sebuah lembaga riset menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat kelima dengan intensitas pengguna smartphone di dunia. 

Penggunaan smartphone di kalangan anak muda tidak jauh dengan dunia sosial media. Instagram, Facebook, Line, Twitter, Whatsapp, dan lain-lain sudah menjadi makanan sehari-hari. Dunia media sosial pada zaman sekarang sangat menyeramkan bagi kalangan muda, apabila tidak dapat selektif dan bijak dalam menggunakannya akan menjadi hal yang berbahaya.

Dilansir oleh Horace. H Deidu melalui laman blog-nya, aysmco.com, laporan dari Internet Trends Kleiner Perkins Caufield & Byers’s tersebut menyebutkan angka yang tinggi, yaitu pengguna rata-rata mengecek ponsel mereka sebanyak lebih dari 150 kali dalam sehari. Apabila diakumulasikan hasilnya mencapai angka yang fantastis dalam seminggu.

Baca jugaOrang Tua Wajib Tahu! Ini 5 Tips Aman Berinternet untuk Anak

Tak ayal, gaya hidup dan pola kesehatan sangat berdampak untuk generasi millenial, banyak anak muda di zaman 2020 mengalami stres berat. Tak banyak yang menyadari, ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa muncul sebagai dampak negatif dari penggunaan telepon genggam. Dampak jangka pendek seperti paparan bakteri hingga jangka panjang seperti meningkatkanya risiko kanker otak.

Berikut beberapa dampak negatif dari menggunakan smartphone terlalu lama:

1. Mengganggu Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri.

Baca jugaAsyik, Warga Bekasi Bisa Bebas Akses Internet Gratis, di 244 Titik Lagi

Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

2. Efek radiasi. Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT