ADVERTISEMENT

Kawasan Khusus Pesepeda Ditutup, Warga Tetap Padati KBT

Minggu, 16 Agustus 2020 15:56 WIB

Share
Kawasan Khusus Pesepeda Ditutup, Warga Tetap Padati KBT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kasus terkonfirmasi Covid-19 yang angkanya terus meningkat, membuat warga terus melakukan pola hidup sehat. Meski pemkot Jakarta Timur meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB), namun warga terus berdatangan dengan alasan mencari keringat.

Pemandangan inilah yang terlihat di dua lokasi yang biasanya menggelar HBKB seperti Jalan RA Fadillah, Pasar Rebo, dan Jalan Inspeksi KBT, Duren Sawit, Minggu (16/8/2020). Hingga siang, ratusan warga terus berdatangan baik dengan menggunakan sepeda maupun sambil berlari. 

Ilham (29), warga yang datang bersepeda di Jalan RA Fadillah, Pasar Rebo mengaku, tahu bahwa terhitung Minggu (16/8/2020) HBKB ditiadakan. Namun sesuai anjuran, dengan rajin berolahraga kita akan terhindar dari bahaya Covid-19. "Karena untuk olahraganya sendiri kan enggak dilarang, kita juga pakai masker, face shield untuk antisipasi," katanya, Minggu (16/8/2020).

Dikatakan pemuda ini, dengan mengayuh sepeda bersama teman lebih menyenangkan dan meningkatkan semangat olahraga daripada berdiam diri di rumah. Dan olahraga ini juga meningkatkan daya tahan tubuh untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

"Kan yang membedakan itu kalau HBKB jalanan ditutup khusus untuk olahraga, dan ini tidak. Jadi nggak terlalu pengaruh," ungkapnya.

Lain lagi dengan Purnomo (40), warga lainnya yang sengaja memilih tetap bersepeda di Jalan Inspeksi KBT, Duren Sawit. Ia pun mengaku sudah mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat menjalani olahraga. "Walaupun sulit bernafas ya karena kita mau sehat harus dilakukan, yang penting penyakit jadi jauh," ujarnya.

Purnomo juga mengaku, tetap datangnya ia ke Jalan Inspeksi KBT karena sudah janji dengan anaknya. Sehingga, meski tak ada HBKB ia tetap melakukan olahraga mandiri.

"Memang sudah dari jauh hari niat ajak keluarga untuk sepedahan. Tadinya mikir juga karena HBKB enggak ada, tapi ternyata masih boleh olahraga, ya kenapa enggak," tutur Purnomo.

Baca juga32 KKP Ditutup, Volume Warga Berolahraga di Sudirman-Thamrin Meningkat

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Timur meniadakan Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) atau car free day pada Minggu (16/8/2020) untuk di lima titik lokasi. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang kini di ibu kota terus naik.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT