ADVERTISEMENT

Mengenal Julian Nagelsmann, Pelatih Termuda di Semifinal Liga Champions

Sabtu, 15 Agustus 2020 08:10 WIB

Share
Mengenal Julian Nagelsmann, Pelatih Termuda di Semifinal Liga Champions

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PORTUGAL  - Sukses RasenBallsport (RB) Leipzig melaju ke babak semifinal Liga Champions musim ini, tidak pernah diprediksi banyak kalangan. Terlebih jika sukses itu diraih oleh Julian Nagelsmann, pelatih termuda yang akan berlaga di babak semifinal dalam sejarah Liga Champions.

Nagelsmann yang hari ini tepat berusia 33, 23 hari, mungkin tergolong tua bagi seorang pesepakbola. Namun hal itu tidak berlaku bagi seorang pelatih.

Usianya yang masih terlalu muda untuk mengasuh puluhan orang, meracik strategi, meramu skema permainan, hingga perkembangan fisik dan psikologi para pemain profesional, bukanlah perkara mudah.

Apalagi menghadapi tekanan dari serta berbagai kritikan, baik dari media mapun para suporter klub.

Hal itu tentunya dituntut kedewasaan yang tinggi dari seorang pelatih. Apalagi Nagelsmann diketahui belum memiliki pengalaman menukangi tim di tingkat senior.

"Saya harus tumbuh jauh lebih cepat dari yang lain. Saya sudah hidup mandiri sejak usia 15. Semua itu jadi pelajaran bagi saya untuk menghadapi berbagai tantangan setelah meniti karier sebagai pelatih," kata Nagelsmann, dikutip Bild.

Nagelsmann mengawali karier kelepatihan profesionalnya bersama Hoffenheim di usia 28 pada 2016 lalu. Sejumlah media kemudian mencibir keputusan manajemen klub.

Salah satunya adalah surat kabar lokal bernama Rhein Neckar Zeitung yang menilai itu sebagai akal-akalan klub untuk mendapat simpati dunia. Faktanya, Nagelsmann mampu membawa Hoffenheim finis di urutan keempat klasemen akhir Bundesliga Jerman.

Selanjutnya, Nagelsmann berlabuh bersama Leipzig pada musim 2019/20 ini. Ia sukses membawa Leipzig finis di urutan ketiga Bundesliga serta membawa Daniel Olmo dan kolega menembus babak semifinal Liga Champions.

Pencapaian itu pun menjadi bersejarah bagi Nagelsmann sebagai pelatih termuda yang akan berlaga di babak semifinal Liga Champions, menghadapi Paris Saint-Germain (PSG), 18 Agustus mendatang.

Sukses itu diraih Leipzig setelah mendepak Atletico Madrid 2-1 pada babak perempatfinal yang berlangsung di Stadion José Alvalade, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/20) dini hari WIB. Dua gol penentu kemenangan Leipzig dicetak Olmo (50") dan Tyler Adams (88").

Sedangkan satu-satunya gol balasan Atletico, dicetak Joao Felix dari titik putih (71"). "Saya mungkin menjadi pelatih paling bahagia detik ini," ungkap Nagelsmann, dikutip Squwka. (junius/win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT