ADVERTISEMENT

Lahan Tidur di Cempaka Putih Jakpus Disulap Jadi Kebon Hidroponik

Jumat, 14 Agustus 2020 18:16 WIB

Share
Lahan Tidur di Cempaka Putih Jakpus Disulap Jadi Kebon Hidroponik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Warga RW.04 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus), memanfaatkan lahan kosong dijadikan kebon hidroponik Taman Solo (Khitas).

Pembina Kelompok Petani Perkotaan (KPK) Kel.Cempaka Putih Timur, Nick Nurrachman mengatakan, saat ini pihaknya bersama warga Rw.04 memanfaatkan lahan  kosong di Jalan Cempaka Tengah 33 sisi bantaran kali Rawa Kerbau untuk dibangun kebon hidroponik. "Lahan seluas hampir 120 meter tersebut sudah hampir selesai penataannya, tinggal finishing saja. Nanti lahan tersebut akan kita tanami kebon Hidroponik," kata Nick, Jum’at (14/8).

Pembangunan kebon hidroponik nantinya akan dilengkapi taman serta diberikan conblok agar jika hujan tidak becek. Nantinya dalam pengelolaan Kebon Hidroponik Taman Solo (Khitas), warga Rw.04 dibantu kelompok tani warga Rw.06 yang telah terlebih dahulu berhidroponik secara swadaya dan dibantu CSR.

Nick menambahkan, kebon Hidroponik dengan system pipa ini terdiri 1.300 lubang tanam di atas delapan rak knock down seluas kurang lebih 34 meter persegi dengan panjang pipa 180 meter.

"Pembuatan rak tersebut dilakukan oleh kelompok tani Rw.06 dengan sumber biaya dari donatur, contributor dan sponsor. Adapun jenis tanaman sayur daun antara lain sawi, selada, kangkung, pakchoy, samsong, bayam dan lain-lain,"katanya. 

Nanti tanaman tersebut akan di kelola Kelompok Petani Perkotaan RW04. Pendampingan teknis dilakukan sudin KPKP Adm Jakarta Pusat dan para pelatih agriculture Universitas Yarsi melalui program pengabdian masyarakat melatih manajemen pasca panen.

"Sistem tanam hidroponik tanpa tanah sebagai salah satu  solusi urban farming di ruang sempit seperti di perkotaan. Ini perlu digalakkan dikampanyekan kepada masyarakat luas khususnya warga masyarakat DKI Jakarta agar gemar menanam," ujarnya. (wandi/ruh)

 

 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT