ADVERTISEMENT

Melebihi Kapasitas, TPA Rawa Kucing Diprediksi Hanya Dapat Tampung Sampah Selama 3 Tahun

Selasa, 21 Juli 2020 20:27 WIB

Share
Melebihi Kapasitas, TPA Rawa Kucing Diprediksi Hanya Dapat Tampung Sampah Selama 3 Tahun

TANGERANG  - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing Tangerang telah melebihi kapasitas (over capasity). Tingginya volume sampah membuat tempat tersebut diprediksi hanya akan mampu menambung sampah sampai 3 tahun ke depan. 

"Prediksi kalau lihat kondisi saat ini paling bisa menampung 2 sampai 3 tahun. Dengan jumlah potensi sampah kita ini kan 1400-1500 ton per hari," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Dedi Suhada, Selasa, (21/7/2020).

Menurut Dedi, hal tersebut disebabkan terbatasnya lahan di TPA Rawa Kucing yang sebagian digunakan untuk sarana penunjang. "Total area TPA Rawa Kucing seluas 34, 8 hektar. 20 Haktare digunakan sebagai lokasi penimbunan sampah. Sementara sisanya 14,8 hektare digunakan sebagai sarana penunjang seperti jalan, kompos dan lainnya,"tambah Dedi.

Ditambahkan Dedi, dalam pengelolaan sampah di TPA Rawa Kucing pihaknya telah menggunakan sistem Sanitary Landfild. Terdapat 8 sistem Sanitary Landfild yang awalnya berguna untuk memperpanjang usia daya tampung TPA Rawa Kucing. 

"Posisi saat ini memang semua landfild sudah hampir penuh. terkecuali yang baru. landfild yang baru di bangun oleh kementerian PU, itu pun sudah sekitar 60 persen  sekarang," jelasnya.

Menurut Dedi, Kota Tangerang memerlukan sistem yang lebih modern dalam pengelolaan sampah. Salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di kawasan TPA Rawa Kucing. "Salah satunya itu PLTSa untuk menuntasakan permasalahan sampah di Kota Tangerang sekaligus mengelola sampahnya jadi energi listrik," jelasnya.

Namun, rencana tersebut masih harus tertunda, lantaran PT. Tangerang Nusantara Global (TNG) yang ditunjuk untuk mengurus PLTSa telah mencapai kesepakatan dengan 1 perusahaan konsorsium. Tetapi, masih terganjal dengan kontrak yang mandeg.

"Sembari menunggu realisasi PTLSa DHL Kota Tangerang terus melakukan berbagai upaya untuk memperpanjang usia daya tanpung TPA Rawa Kucing. Antara lain yakni dengan terus menata landfild yang menggunung,"tutupnya. (toga/ruh)

 

 

Teks Foto : TPA Rawa Kucing.(toga)

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT