ADVERTISEMENT

Pedasnya Mie Jengkang, Bikin Lidah Bergoyang

Minggu, 19 Juli 2020 11:50 WIB

Share
Pedasnya Mie Jengkang, Bikin Lidah Bergoyang

BERDIRI sejak enam tahun silam, Kedai Mie Jengkang, di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, menawarkan olahan mie instan dengan rasa gurih dan pedas yang bisa menggoyang lidah.

Indah, pemilik Kedai Mie Jengkang mengaku semula, membuat mie instan pedas untuk dirinya sendiri. Tetapi begitu keponakannya mencoba, dan dikatakan enak, bahkan sang keponakan mempromosikan ke teman-temannya, perempuan ini pun akhirnya menjual masakannya tersebut.

Mie goreng khas Mie Jengkang. (firda)Mie goreng khas Kedai Mie Jengkang. (firda)

Sekitar 2014 silam, Kedai Mie Jengkang dibuka dengan memanfaatkan teras di rumah untuk tempat usahanya.Sebagai menu utamanya adalah mie instan dengan berbagai tingkat kepedasan.

Mie Jengkang merupakan perpaduan antara mie instan dengan sejumlah bumbu-bumbu dan pastinya cabe yang membuat semakin pedas.

“Dulu itu saya buka warung gitu, jual minuman es, sama camilan. Tapi anak-anak kayaknya lama-lama bosan. Terus saya buat mie gaul namanya, itu mie instan terus dikasih potongan cabe, mie pedes gitu. Ternyata banyak yang suka,” ujar Indah ditemui di kedai miliknya, Gang SD, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, kemarin.

“Karena saya pikir anak-anak suka nih mie pedas. Daripada potongan cabe, kenapa enggak saya blender aja cabenya itu dengan bumbu-bumbu lain,” sambungnya.

Pemilik Kedai Mie Jengkang, Indah. (firda)Indah, pemilik Kedai Mie Jengkang. (firda)

Tingkat kepedasan Mie Jengkang mulai dari level 1, level 1/2, level 1/4, level -1/4 dan level 0. Namun dikatakan, level -1/4 disebut level kurang dari seperempat, bukan minus seperempat.

“Awalnya kita enggak pakai level kepedasan. Cuma ada pedas atau sedang. Nah kalau pedas itu 4 sendok makan munjung. 4 sendok makan itu di level pedas sekali. Yang makan bilang kepedesan, diturunin jadi 2 sendok makan,” terang Indah.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT