ADVERTISEMENT

Hasil Survey BI, Kegiatan Dunia Usaha Menurun di Triwulan II

Senin, 13 Juli 2020 17:04 WIB

Share
Hasil Survey BI, Kegiatan Dunia Usaha Menurun di Triwulan II

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA -  Hasil Survei Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha turun pada triwulan II-2020.  Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar -35,75% pada triwulan II-2020. Terkontraksi lebih dalam dibandingkan dengan -5,56% pada triwulan I-2020.
 
"Penurunan kegiatan dunia usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi dengan penurunan terdalam pada sektor industri pengolahan (SBT minus 11,61 persen). Kemudian sektor perdagangan, hotel, dan restoran (SBT minus 7,21 persen), serta sektor jasa-jasa (minus 4,49 persen). Hal tersebut terutama disebabkan oleh penurunan permintaan dan gangguan pasokan akibat pandemi covid-19," kata   Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Senin, (13/7/2020).

Onny menjelaskan, sejalan dengan penurunan kegiatan dunia usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan II-2020 tercatat lebih rendah dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

"Sementara itu, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha juga menunjukkan penurunan pada triwulan II-2020, dengan akses terhadap kredit perbankan yang lebih sulit,"ckatanya.

Pada triwulan III-2020, responden memprakirakan kegiatan usaha akan meningkat didukung oleh perbaikan seluruh sektor, dengan SBT sebesar 0,52%. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan kegiatan dunia usaha diprakirakan terutama pada sektor Pertambangan dan Penggalian, serta sektor Jasa-jasa.

"Peningkatan pada sektor Pertambangan dan Penggalian seiring dengan cuaca yang mendukung dan permintaan yang diperkirakan mulai meningkat. Sementara itu, peningkatan pada sektor Jasa-jasa terutama pada sub sektor administrasi pemerintahan didorong oleh berbagai program pemerintah pusat dan daerah dalam rangka penanggulangan COVID-19",tutupnya Onny.(rizal/ruh)
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT