ADVERTISEMENT

OYE Selam Indonesia, Bantu Cari Korban Pesawat Jatuh

Minggu, 12 Juli 2020 20:29 WIB

Share
OYE Selam Indonesia, Bantu Cari Korban Pesawat Jatuh

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KEINDAHAN bawah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta olahraga selam atau diving. Begitu pula dengan anggota OYE Selam Indonesia. Mereka memiliki hobi dan tujuan sama, berkumpul, mencintai laut, dan melakukan berbagai trip sekaligus mengeksplorasi indahnya pemandangan bawah laut.

Bahkan OYE beberapa kali dilibatkan Tim Basarnas mencari korban pesawat jatuh atau kapal tenggelam di perairan Indonesia. Terakhir mereka membantu mencari korban penumpang Lion Air yang jatuh di Laut Jawa, sebelah utara Karawang pada 2018 silam.

“Bukan itu saja, kami setiap tiga kali dalam setahun membersihkan sampah di laut,” ujar Wakil Direktur OYE Herri Abriantoro.

OYE Selam Indonesia. (deny)

Komunitas ini dibentuk ketika Herry Cs usai menyelam kongkow-kongkow menikmati keindahan Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara pada suatu malam hari. Obrolan ngalur ngidul itu, kerap diceletuki ucapan OYE dari Ajie Panangian, salah satu rekannya. Om Ajie begitu Hery Cs menyapa, mengartikan OYE itu, orang yang enjoy. Dari situlah terbentuknya OYE Selam Indonesia. “Kami cukup menyebutnya OYE,” katanya.

Baca jugaIndonesia ‘Wonderful’ Surga Penyelam, Spons Salvador Dali Ada Lho...

Dari Bunaken, OYE berkembang hingga memiliki cabang di sejumlah ibukota provinsi seperti Makasar, Manado, Bali, Papua, Maluku, dan Jakarta. Sedangkan pusat kesekretariatannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Di komunitas ini anggotanya yang berasal dari berbagai latar belakang atau bendera, saling bertukar informasi seputar diving.

“Tidak semua anggota komunitas ini memiliki latar belakang selam,” imbuhnya. Seperti dirinya. Awalnya dia hobi mendaki gunung, kini beralih ke diving. Dari kumpul bareng itu, komunitas ini berkembang menjadi ajang komersial.

OYE Selam Indonesia. (deny)

“Ibarat pribahasa, sambil menyelam minum air. Menyalurkan hobi sekaligus mencari duit buat keluarga,” ucapnya tertawa.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT