ADVERTISEMENT

Unggahan Denny Siregar di Medsos, LPAI: Merendahkan Martabat Anak

Sabtu, 4 Juli 2020 09:07 WIB

Share
Unggahan Denny Siregar di Medsos, LPAI: Merendahkan Martabat Anak

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA –  Pegiat media sosial Denny Siregar yang mengunggah di akun Facebook-nya pada 27 Juni 2020 "ADEK2KU CALON TERORIS YG ABANG SAYANG" dengan foto bocah santri Tasikmalaya memakai atribut tauhid mendapat tanggapan beragam di masyarakat.

Menurut Kabid Pemantau dan Kajian Lemabaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel, kalimat-kalimat pada teks tersebut, ketika ditempel dengan foto semacam itu, merupakan bentuk stigmatisasi terhadap anak dengan identitas atau atribut sedemikian rupa. 

"Stigmatisasi yang berangkat, dari prasangka negatif, berlanjut ke sikap merendahkan nilai atau martabat anak. Stigma, pada gilirannya, bisa mendorong anak masuk ke situasi berisiko didiskriminasi," kata Reza, yang juga Ahli Kriminologi Forensik, Sabtu (4/7/2020).

Untuk sementara, kata Reza anggaplah anak-anak itu merupakan anak dari para orang tua seperti yang digambarkan dalam teks dimaksud. Yakni orang tua yang menjerumuskan anak-anak itu menjadi perusak. Bahkan dengan asumsi seperti itu pun, UU 35/2014 sudah memberikan panduan tentang perlakuan yang seharusnya dikenakan kepada anak-anak  tersebut. 

Perlakuan yang diistilahkan sebagai perlindungan khusus, spesifik butir k dan o pada pasal 59 ayat 2, yang dalam UU Perlindungan Anak diembankan sebagai kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan lembaga negara lainnya. 

Artinya, terhadap anak-anak seperti itu pun tetap harus dikenakan perlakuan yang baik. Bukan justru dengan menstigmatisasi mereka. Negara harus melindungi anak-anak dari stigma, tak terkecuali anak-anak seperti yang diasumsikan dalam tulisan tersebut.

"Semakin buruk karena isi stigma pada tulisan tersebut lagi-lagi mengait-ngaitkan secara serampangan bendera tertentu sebagai simbol kekerasan/kejahatan. Narasi keliru semacam ini pernah marak beberapa waktu lalu. Sudah dikoreksi oleh Kemendagri," ucap Reza.

Tapi narasi salah tersebut, sambung Reza kini diangkat kembali. Tulisan tersebut mengandung permasalahan majemuk. Pertama, mendevaluasi anak-anak (dan orang tua mereka) bukanlah perbuatan yang baik, justru berdampak buruk terhadap anak. Lalu, isi stigmatisasinya salah pula. 

"Bahkan, dengan isi stigmatisasi yang salah tersebut, penulis abai terhadap apa yang semestinya dilakukan negara terhadap anak-anak seperti yang penulis asumsikan," pungkasnya. (ilham/tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT