BAZNAS Maksimalkan Kurban Online

Jumat 03 Jul 2020, 12:00 WIB
Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta

Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta

JAKARTA - Jelang hari Raya Idul Adha atau  Idul Kurban yang jatuh pada tanggal 31 Juli nanti, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)  memaksimalkan Kurban Online .

Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta, dalam keterangan persnya, Jumat (3/7)  mengatakan, semua pihak dapat ikut dalam pelaksanaan ibadah kurban yakni melalui program Kurban Online BAZNAS.

"Kondisi pandemi yang mewajibkan diterapkannnya social distancing dan physical distancing untuk masyarakat ini, menjadikan Kurban Online BAZNAS menjadi pilihan yang mudah, praktis, dan cepat bagi masyarakat umat muslim khususnya dalam menjalankan ibadah kurban, " kata Arifin. 

Ia menambahkan pelaksanaan Kurban Online BAZNAS, pihaknya telah menyediakan banyak sekali platform online yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. 

Ada enam platform yang disediakan untuk mengakomodir layanan Kurban Online BAZNAS. Pertama, BAZNAS Platform, yakni melalui website BAZNAS. Kedua Non-Commercial Platform yakni Kitabisa, Benih Baik, dan Peduli Sehat. Ketiga adalah Commercial Platform yakni dengan mengembangkan kerja sama dengan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Blibli, Lazada, Shopee dan sebagainya.

"Keempat melalui Artificial Intelligence (AI)  Platform yakni di mana BAZNAS menggunakan Chatbot pada aplikasi LINE bernama Zavira (Zakat Virtual Assistant) yang dapat ditemui di aplikasi LINE dengan nama akun @baznasindonesia," ucap Arifin. 

Ia menerangkan kelima adalah Innovative Platform, dengan melalui aplikasi LinkAja dan OVO. Dan terakhir melalui Socmed Platform yakni mendorong iklan dan kampanye melalui sosial media untuk mengajak masyarakat berzakat, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. (johara/tri)

News Update