ADVERTISEMENT

Sistem Kekebalan Tubuh Berkaitan Erat dengan Terpenuhinya Nutrisi yang Diperlukan

Kamis, 25 Juni 2020 04:30 WIB

Share
Sistem Kekebalan Tubuh Berkaitan Erat dengan Terpenuhinya Nutrisi yang Diperlukan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Sistem imunitas atau kekebalan tubuh seringkali hanya dihubungkan dengan kemampuan tubuh dalam menangani flu dan infeksi. Padahal sistem kekebalan tubuh juga sangat berkorelasi erat dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh.

“Jika menginginkan tubuh yang sehat, berarti harus menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang sehat akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit,” kata Andam Dewi, Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia pada Virtual Nutrition Talk, Rabu (24/6/2020).

Upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya nutrisi untuk membangun sistem daya tahan tubuh, Herbalife Indonesia melakukan kampanye perusahaan: Sharing the Power of Good Nutrition(SPGN). Kampanye tersebut merupakan bentuk kontribusi perusahaan untuk mendukung masyarakat Indonesia, konsumen dan komunitas dalam mendapat wawasan seputar asupan nutrisi yang baik, dan mengajak masyarakat hidup aktif dan sehat.

Pakar nutrisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan menjelaskan di tengah pandemi Covid-19, konsumsi makanan masyarakat sebenarnya tidak perlu berubah, dengan catatan dalam kondisi sehat dan aktivitas normal.

“Masyarakat bisa melanjutkan menu-menu keseharian. Dengan catatan menu makanan tersebut mengandung nutrisi yang lengkap baik protein, lemak, karbohidrat, mineral maupun vitamin,” katanya.

Namun dalam kondisi luar biasa misalnya sakit atau tengah memiliki aktivitas yang meningkat, maka penggunaan suplemen kesehatan atau vitamin dapat dilakukan. Intinya, kebutuhan zat gizi untuk menjaga agar sistem imun tetap terjaga dengan baik, dapat terpenuhi.

Selama masa pandemi Covid-19 lanjut Dr Rimbawan, kita belajar banyak tentang pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang dan 10 pesan gizi seimbang. Termasuk memperhatikan prinsip gizi seimbang yang tetap harus dijalankan antara lain memperhatikan keaneka-ragaman makanan, tetap beraktivitas fisik, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga berat badan ideal.

Sementara itu, Aria Novitasari, Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia

mengatakan bahwa ada hubungan nyata antara sistem kekebalan tubuh dan nutrisi.

“Apa yang kita makan, di mana kita hidup, seberapa banyak kita tidur, bagaimana kita berolahraga, dan bahkan dengan siapa kita hidup, semua menyebabkan reaksi kimia yang dapat mengubah status kesehatan kita,” kata Aria.

Ia menjelaskan bahwa microbiome di tubuh kita, yang merupakan mikro organisme yang dapat andalkan untuk melindungi dari kuman, memecah makanan untuk energi, menghasilkan vitamin penting dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Mengacu pada data dari Herbalife Nutrition, bagian terbesar dari sistem kekebalan tubuh, sekitar 70% terletak di dekat usus, yang memonitor asupan makanan dan bagaimana tubuh menggunakannya. (*/fs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT