ADVERTISEMENT

600 Armada Jak Lingko Bakal Kembali Angkut Penumpang Mulai 1 Juli

Kamis, 25 Juni 2020 15:52 WIB

Share
600 Armada Jak Lingko Bakal Kembali Angkut Penumpang Mulai 1 Juli

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Setelah vakum selama kurang lebih tiga bulan, angkutan umum Jak Lingko akan kembali beroperasi mulai 1 Juli mendatang. Namun hanya 50 persennya saja yang beroperasi mengingat situasi dan kondisinya masih masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Ketua Umum Koperasi Wahana Kalpika (KWK), Taufik Azhar mengatakan, sejak 23 Maret lalu, seluruh angkutan Jak Linkonya yang berjumlah 1.101 armada, tidak beroperasi lagi. Karena kebijakan dari Dinas Perhubungan DKI mengatur demikian. 

Namun rencananya mulai 1 Juli mendatang, akan beroperasi kembali. Akan tetapi hanya 50 persen atau 600 armada. Tentunya saat beroperasi nanti akan mengedepankan protokol kesehatan.

"Mulai 1 Juli Jak Linko beroperasi kembali namun baru 50 persennya. Kita berharap kondisinya ormal kembali, COVID cepat berlalu sehingga kehidupan pun normal kembali," kata Taufik, usai Rapat Anggota Tahunan (RAT) KWK di kantor pusat KWK di Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (25/6/2020).


Menurut Taufik yang juga anggota Komisi B DPRD DKI ini, saat ini tengah menyiapkan pembatas di setiap bangku armada Jak Lingko dan hand sanitizer. Agar saat beroperasi tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sementara,mengenai kegiatan RAT KWK dilakukan secara virtual. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Koperasi Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah DKI, Nurhidayat. 

Dalam RAT ini ada peningkatan Sisa hasil Usaha (SHU) sekitar 50,2 perse. Yakni dari Rp 563 menjadi Rp 847 juta. Peningkatan ini diharapkan terus terjadi setiap tahunnya agar kesejahteraan anggota koperasi yang berjumlah 4.809 lebih meningkat.

Sementara itu, Kabid Koperasi Dinas PPKUKM DKI, Nurhidayat menambahkan, diharapkan KWK sebagai salah satu operator Jak Lingko dapat lebih berinovasi dalam pengelolaan koperasi. Sehingga dapat tumbuh kembang dan berperan aktif untuk berkontribusi bagi pembangunan sosial ekonomi masyarakat.

"KWK salah satu oprator Jak Lingko, tentunya laporan keuangannya setiap tahun telah diaudit kantor akuntan publik. Kita apresiasi pengurus KWK yang telah melakukan audit eksternal terhadap laporan keuangan," kata Nurhidayat.

Menurutnya, keberadaan Jak Lingko ini sangat dibutuhkan masyarakat. Karena moda transportasi ini aman dan nyaman bagi masyarakat. Armada ini juga terkoneksi langsung dengan Trans Jakarta. Karenanya ia mengimbau agar KWK tetap menjaga kebersamaan dan meningkatkan profesionalismenya dalam mengoperasikan armada Jak Lingkonya.(ruh)

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT