ADVERTISEMENT

Kementerian BUMN Jalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia

Rabu, 24 Juni 2020 01:30 WIB

Share
Kementerian BUMN Jalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK  - Menteri BUMN RI, Erick Tohir bersama Rektorat Universitas Indonesia menjalin kerjasama Rumah Sakit dan Tri Darma Perguruan Tinggi di Balai Sidang UI, Kota Depok, Selasa (23/6) sore.

Penandatangan nota kesepakatan kerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dilakukan bersama Rektor UI Prof Ari Kuncoro.
Selain itu bersamaan acara Direktur Utama Rumah Sakit UI (RSUI), dr. Astuti Giantini dan Direktur Pengembangan Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC), dr. Novalina Anwar, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasional tentang “peningkatan profesionalitas tata kelola RS" antara kedua belah pihak.

Turut hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto, Ketua MWA UI, Saleh Husin, dan Direktur Utama Pertamedika IHC, Dr.dr Fathema Djan Rachmat, SpB,SpBTKV, MPH.

“Dalam menjalani tatanan normal baru yang terjadi akibat COVID-19 menuntut adanya inovasi teknologi di BUMN. Kementerian BUMN mengharapkan research and development tidak hanya dilakukan oleh BUMN, namun juga bisa disinergikan bersama universitas agar terbentuk ekosistem yang saling mendukung. Saya optimis kolaborasi UI dan Kementerian BUMN akan menghasilkan inovasi dan penelitian yang bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat Indonesia,"ujar Menteri BUMN RI Erick Tohir usai acara kepada wartawan.

Terpisah Rektor UI Prof Ari mengungkapkan UI mengapresiai kolaborasi kerjasama dengan Kementrian BUMN dengan UI.

"Kolaborasi ini merupakan optimalisasi kerja sama triple helix atau lazim dikenal dengan istilah ABG (academic, business, government). Dukungan Kementerian BUMN mampu mengakselarasi upaya hilirisasi atau komersialisasi riset dan inovasi yang dihasilkan oleh periset UI. Selain itu, dengan adanya kesepakatan ini, RSUI sebagai rumah sakit pendidikan milik UI akan semakin melesat di dalam manajemen pelayanan kesehatan dan jaringannya baik nasional dan internasional,"pungkasnya.

Rencana dari hasil kerjasama ini, lanjut Prof Ari akan membangun Science Technology Park (kawasan terpadh pengembangan riset dan inovasi) sehingga dapat bersinergi dengan instansi BUMN-BUMN, khususnya pada unit R&D (research and development) BUMN.

"Dukungan BUMN akan sangat membantu para periset UI di dalam mengembangkan riset dan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan industri. Saatnya kita tidak berpuas diri hanya pada publikasi, namun ke depan, hasil riset dan invensi tersebut seyogianya juga dapat memberikan manfaat dan dampak yang langsung dirasakan oleh bangsa dan negara Indonesia,” Tambah Prof Ari. (Angga/fs)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT