ADVERTISEMENT

Sudah Delapan Negara yang Membatalkan Pengiriman Jemaah Haji

Sabtu, 13 Juni 2020 11:20 WIB

Share
Sudah Delapan Negara yang Membatalkan Pengiriman Jemaah Haji

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AFRIKA SELATAN –  Sudah ada delapan negara yang menyatakan secara resmi tidak mengirim jemaah haji pada musim haji tahun ini ke Arab Saudi.  

Yaitu Singapura, Indonesia, India, Brunei Darussalam, Malaysia, Mesir  dan Uzbekistan. Kini Afrika Selatan juga menyatakan sikap yang sama.

Pemerintah Afrika Selatan   memutuskan untuk penyelenggaraan ibadah haji 1441 H/2020 tidak memberangkatkan jamaah hajinya. Hal ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Dalam keterangan persnya, Jumat (12/6) waktu setempat Sekretaris Jenderal Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan Moaaz Casoo, menjelaskan bahwa untuk tahun 2020 tidak mengirimkan jamaahnya untuk ibadah haji ke Tanah Suci.

Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan (Sahuc) mengatakan setelah berkonsultasi dengan departemen hubungan internasional dan kerja sama Afrika Selatan (Dirco), keputusan akhir dibuat.

Seperti dikutip The Daily Vox,  dia menjelaskan, Sahuc telah berkomunikasi dengan Departemen Luar Negeri terkait dengan pelaksanaan ibadah haji 2020. Setelah dilakukan monitoring terkait pandemi Covid-19, direkomendasikan untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 agar tidak dilaksanakan terlebih dahulu. 

Selain itu, alasan yang dilihat juga adalah terkait dengan kondisi yang terjadi di Arab Saudi, dimana kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Negara itu juga masih khawatir dengan terjadinya peningkatan penyebaran.

Menurut sebuah pernyataan Sahuc,   perjalanan internasional hanya akan diizinkan untuk pemulangan warga. Karena penutupan perbatasan dan larangan perjalanan saat ini, keputusan diambil bahwa Afrika Selatan tidak akan diizinkan untuk melakukan ziarah.(johara/tri)

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT