ADVERTISEMENT

Lahan Kosong di Jakarta Pusat Disulap Jadi Tempat Pembibitan Ikan dan Sayuran

Jumat, 12 Juni 2020 19:07 WIB

Share
Lahan Kosong di Jakarta Pusat Disulap Jadi Tempat Pembibitan Ikan dan Sayuran

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan pembibitan benih ikan dan penanaman pohon holtikultura. Langkah ini dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan warga di tengah pandemi Covid-19. 

Plt Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Suharini Eliawati mengungkapkan pemanfaatan dilakukan terhadap lahan di RT 12/06, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Ada sebanyak 10 ribu ikan nila, lele dan pohon holtikultura ini dilakukan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Langkah ini sebagai bentuk menopang pemenuhan warga lantaran pandemi ini tidak tahu sampai kapan,”kata Suharini Eliawati, Jumat (12/06/2020).

Adapun benih ikan yang ditebar diantaranya 5000 ikan lele, 5000 ikan nila. Sedangkan untuk pelindung pihaknya menanam sebanyak 1000 pohon, selain itu tanaman buah - buahan dan tanaman penghias.

“Nantinya yang melakukan perawatan diserahkan ke kelompok tani. Sedangkan hasil panen bisa dimenikmati warga. Kegiatan ini sebenarnya serentak dilakukan di lima wilayah di DKI Jakarta juga," terangnya.

Suharini juga menambahkan, di Jakarta Pusat ada delapan lokasi yang dilakukan penanam pohon, seperti di RPTRA Mardani Asri, RPTRA Rusun Tanah Tinggi (Rustanto), Kelompok tani mekarsari jaya Mangga Dua Selatan, RPTRA MH. Thamrin, RPTRA Melati, Kelompok tani batik RW 06 Petojo Utara dan kantor Kecamatan Sawah Besar.

Kedepan penanaman pohon dan penebaran benih ikan, ini bukan hanya akan dilakukan di ruang terbuka hijau (RTH) saja, tapi di kantor pemerintah.

Sementara itu ditempat yang sama Forum Masyakarat Peduli Lingkungan (Formapel) Kecamatan Kemayoran, Joko menambahkan, perawatan ikan dan tanaman ini akan dilakukan oleh karang taruna dan kelompok tani. Dengan adanya bantuan benih ikan dan tanaman pohon sangat membantu warga. "Jujur ini sangat bantu kami warga sekitar. Apalagi ini benih ikan bisa dipanen nanti bukan Juli," tutupnya. (wandi/ruh)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT