Menteri PANRB Minta Nilai-nilai Pancasila Diamalkan Dimasa Sulit

Selasa, 9 Juni 2020 00:30 WIB

Share
Menteri PANRB Minta Nilai-nilai Pancasila Diamalkan Dimasa Sulit

JAKARTA - Masih di bulan kelahiran Pancasila, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menjelaskan nilai-nilai Pancasila harus diamalkan, terutama dalam masa-masa sulit  
     "Pancasila harus kita yakini, harus mampu mempertahankan eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara," kata Menteri Tjahjo, pada Webinar Hari Lahir Pancasila.
       Peringatan Kelahiran Pancasila dalam kerangka Bulan Bung Karno sudah dilakukan sejak 2010. Namun, 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila baru ditetapkan pada tahun 2016.
       Peringatan yang diadakan pada Bulan Juni tersebut dilakukan oleh lembaga, instansi pemerintah, organisasi, partai politik, dan seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.  
      "Untuk tahun 2020 ini di tengah-tengah tatanan kehidupan baru karena Pandemi Covid-19 kita lakukan secara daring melalui teleconference, webinar, dan penggunaan media-media sosial yang ada," ujar Menteri Tjahjo.
      Tjahjo menegaskan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi, harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi dan pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan serta diperjuangkan secara terus menerus dalam kehidupan berbangsa.
       Pancasila sebagai dasar dari ideologi negara harus diketahui asal usulnya oleh Bangsa Indonesia dari waktu ke waktu, dari generasi ke generasi, sehingga kelestarian Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan masyarakat.
     "Dimana Pancasila harus selalu tertanam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari," ujarnya pada webinar yang mengangkat tema Pancasila dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju.
      Kementerian PANRB melaksanakan seminar ini, agar seluruh anak bangsa, terutama para aparatur sipil negara (ASN) harus taat, tegak, dan teguh meyakini Ideologi Pancasila. "Termasuk dalam setiap pengambilan keputusan sehari hari oleh seluruh ASN harus menjabarkan implementasi dari nilai nilai yang ada pada Pancasila," ungkapnya. (johara/fs)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar