ADVERTISEMENT

Ikan Cupang Hias, Si Mungil nan ‘Cantik’ dan Tengah Naik Daun

Minggu, 7 Juni 2020 10:38 WIB

Share
Ikan Cupang Hias, Si Mungil nan ‘Cantik’ dan Tengah Naik Daun

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DALAM beberapa tahun terakhir pamor ikan cupang hias tengah naik daun. Jumlah pecinta ikan yang memiliki warna dan karakter unik ini terus bertambah. Mereka tidak hanya berasal dari  masyarakat kebanyakan, tidak sedikit kalangan selebritis papan atas yang juga gemar mengoleksi si mungil yang ‘Cantik’ ini.

        “Benar Pak, ikan cupang sekarang lagi booming,” kata Anton Anggota Komunitas Betta Fish Brotherhood dan pedagang ikan hias di Jatinegara, Jakarta Timur.

        Oleh karena itu tidak mengherankan saat ini hampir  semua pusat penjualan ikan hias seperti di Pasar Ikan Hias Parung, Slipi, Jatinegara, serta Johar Baru ikan cupang menjadi salah satu primadona yang dijajakan para pedagang. Hampir setiap hari ada saja pengunjung yang mencari ikan jenis ini.

        Hal senada diakui Bayu, warga Lenteng Agung, Jakarta Selatan yang menjadi penggemar berat ikan cupang. Bahkan 2 ekor koleksi ikan cupangnya sengaja didatangkan dari Vietnam dan Thailand dengan harga masing-masing Rp 5 juta dan Rp 1,2 juta per ekor.

        “Ikan cupang itu kaya batu cincin. Kalau sudah suka berapapun harganya pasti kita beli,” kata pria yang juga menyukai burung ini.

        Berbeda dengan ikan hias lain seperti Lou Han yang penampilannya begitu-begitu aja, ikan cupang tampilan  dan kombinasi dan corak warnanya bisa puluhan macam sehingga tidak membuat bosan penggemarnya.

        Maka dari itu tidak mengherankan jika para penggemar ikan cupang tidak pernah merasa puas jika hanya memiliki koleksi beberapa macam ikan cupang saja. Umumnya para penggemar ikan cupang memiliki koleksi hingga puluhan macam.

        “Tidak jarang sesama penggemar ikan cupang saling memamerkan koleksi ikan cupangnya yang tengah melenggak lenggok melalui akun media sosial youtube atau sekadar mengirim foto melalui wa,” tambahnya.

        Ikan cupang hias sendiri, menurut Bayu, banyak jenisnya. Biasanya dari waktu ke waktu ikan-ikan ini memiliki trend tersendiri, dimana ikan yang sedang ‘ngetren’ harganya cenderung naik karena banyak dicari.

        “Beberapa jenis ikan cupang yang saat ini tengah ‘ngetren’ antara lain jenis Avatar, Yellow Galaxi, Emerald Multicolour, Nemo Copper, Yellow Fancy, Candy Emerald, dan masih banyak lagi jenis lainnya,” kata Bayu. (*/fs)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT