ADVERTISEMENT

Sahrul Gunawan Bingung Kembalikan Dana Jemaah Haji

Kamis, 4 Juni 2020 08:50 WIB

Share
Sahrul Gunawan Bingung Kembalikan Dana Jemaah Haji

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Pemerinta Indonesia melalui Kementrian Agama, telah resmi membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun ini lantaran wabah virus corona.

Hal ini berdampak pada bisnis travel umroh dan haji yang dimiliki oleh artis Sahrul Gunawan yang harus mengembalikan uang calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini.

Pembatalan haji tersebut tentu saja membuat bisnis Sahrul merugi. Namun bukan secara finansial, aktor berusia 44 tahun ini kini kebingungan memberikan penjelasan pada calon jemaah.

"Bukan yang rugi harus mengganti uang jamaah, lebih kepada pengelolaan saja, sudah pasti membingungkan, kita juga didesak untuk mengembalikan uang pada calon Jemaah Haji," tutur Sahrul Gunawawan, Rabu (3/6/2020).

Bintang sineteon 'Jin dan Jun' ini mengaku sudah menyetorkan uang jemaah haji ke berbagai vendor. Namun kini para calon jemaah meminta uang tersebut dikembalikan.

"Maskapai, visa, hotel, dan keperluan Jamaah selama di sana sudah kami urus, sekarang kalau mereka minta dikembalikan, kita sebagai penyelenggara harus kemana? Karena kantor pun pada tutup. Itulah yang membingungkan," paparnya.

Sahrul pun kebingungan mengembalikan uang jemaah. "Saya pun kalau memiliki kelebihan finansial, bisa mengganti. Tapi kan kenyataannya tidak bisa semudah ini," lanjutnya.

Sahrul menceritakan bahwa ia didesak beberapa jemaah untuk mengembalikan uang yang sudah disetor. Namun ia menjelaskan pengembalian uang tersebut tidaklah mudah.

"Ada satu dua orang yang protes, minta uang mereka balik. Tapi kan uang itu sudah disetorkan kepada vendor seperti maskapai, hotel dan lainnya. Kalaupun mau dikembalikan, nggak bisa secepat itu," jelasnya.

Sesuai kebijakan pemerintah, calon jemaah haji yang tahun ini tidak berangkat, kemungkinan bisa melaksanakannya tahun depan. Sahrul pun optimis dengan kebijakan itu. "Jadi jamaah yang tahun ini tidak bisa berangkat, jangan khawatir. Insya Allah ada jalannya. Saya merasa aman, karena juga menggunakan vendor yang Insya Allah terpercaya. Kalau kita berpikiran positif, tenang aja," ungkapnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT