ADVERTISEMENT

IBL Dihentikan, Para Pebasket Hangtuah Alih Profesi Jadi YouTuber

Senin, 1 Juni 2020 17:46 WIB

Share
IBL Dihentikan, Para Pebasket Hangtuah Alih Profesi Jadi YouTuber

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA  - Masih dihentikannya Liga Basket Indonesia (IBL) 2020 akibat pendemi Covid-19 sejak Maret lalu, mengharuskan para pemain basket menunjukkan kreatifitasnya di luar lapangan demi usaha menghilangkan rasa bosan selama pemberlakukan WFH alias 'work from home'.

Hal itu dilakoni kedua pemain Amartha Hangtuah, yakni Abraham Wenas dan Kelly Purwanto dan yang harus beralih profesi menjadi You Tuber untuk sementara.

Abraham, yang lebih kurang enam bulan telah mengunggah macam-macam video ke akun YouTube miliknya. Sebagai YouTuber pemula, menurutnya, otak harus terus diasah supaya tercetus ragam ide dan konten menarik.

Urusan teknis, sudah barang pasti penting punya keahlian menyunting video. "Di sisi lain waktu itu (sebelum nge-vlog) aku masih kuliah, jadi nggak mau ganggu basket dan kuliah," tuturnya dalam laman resmi IBL Indonesia.

Profesi barunya itu diawali Abraham pasca wisuda. Bekerja sama dengan Royal Sport untuk sebuah program kesehatan, menggenjot semangatnya untuk mulai penggarapan video.

Ada teman satu SMA yang sekarang kerja di Jakarta, dan kebetulan di bidang konten (penyuntingan video) juga. Puji Tuhan dia mau membantu saya. Awalnya gak ada motivasi cari penghasilan dari sini, cuman buat sharing-sharing," jelas penyandang predikat Rookie of the Year IBL 2017-2018 tersebut.

Berbeda dengan Abraham, Kelly yang sebelumnya dikabarkan berdagang pempek, rupanya pernah coba-coba nge-vlog dengan konten, semisal, latihan fisik di sekitar rumah.

 "Tujuan awalnya sharing. Tapi gara-gara WFH (work from home), saya seriusin nge-vlog. Responsnya sih kebanyakan positif, bisa kelihatan langsung dari jumlah Like atau komentar viewers. Yang nggak like ada tapi nggak terlalu banyak," jelas pemain berusia 36 itu.

Bagi duo talenta bola basket Amartha Hangtuah ini, pandemi virus korona tipe baru, penyebab penyakit Covid-19, telah membuka ruang komunikasi baru dengan para penggemar di ranah maya.

 Konten-konten seputar bola basket, latihan fisik, kehidupan di mes, persahabatan dengan rekan-rekan setim, bahkan kehidupan pribadi, tersaji di dua akun YouTube dari pebasket semifinalis IBL 2017-2018 ini. (junius/win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT