ADVERTISEMENT

Juru Rias Ini Bocorkan Cara jadi Make Up Artist Ngetop dan Kantongi Banyak Uang

Minggu, 31 Mei 2020 16:00 WIB

Share
Juru Rias Ini Bocorkan Cara jadi Make Up Artist Ngetop dan Kantongi Banyak Uang

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

IRWAN Riady mengawali karier menjadi seorang make up artist (MUA) memang ditempa dari bawah, mulai dari belajar kursus make up hingga mengenyam pendidikan formal di UI dan Prancis.

“Di UI saya ambil Sastra Prancis, lalu lanjut ke Prancis selama dua tahun, di sana juga saya belajar tentang make up secara khusus juga ya. Jadi saya menjadi seorang MUA itu nggak instan dan kebetulan ada bakat dari kecil,” terangnya.

Berawal dari bakat tersebut hingga menjadi MUA profesional memerlukan waktu yang cukup panjang. “Jadi mama aku kan foto pernikahannya itu hitam putih aku warnai bikin jadi berwarna di make up pakai spidol, lalu berlanjut ke asisten rumah tangga aku make up, teman sekolah, teman SMA dan teman kuliah juga, rata-rata mereka puas dengan hasil make up aku,” paparnya.

Irwan Riady pernah bekerja menjadi pegawai kantoran namun hal itu dilakukan tidak lama karena ingin konsentrasi di MUA. “Jadi ya resign, tahun 1992 ada temen aku yang nikah dan minta temani untuk tes make up di salah satu MUA terkenal pada saat itu. Aku lihat proses tes make up-nya dari awal hingga akhir dengan seksama, sampai di rumah temenku aku coba teknik make up yang aku liat tadi ke kakaknya ternyata mirip banget sama hasil make up adiknya yang habis tes make up itu, jadilah kakaknya minta aku make up untuk acara pernikahan adiknya,” cerita Irwan.

“Tahun 1992 seorang MUA terkenal dibayar sekitar Rp900 ribu itu besar banget, kalau sekarang ya duit itu sekitar Rp20 jutaan, dari nilai itulah aku tertarik untuk menjadi seorang profesional MUA. Tapi awal-awal jadi MUA bayaran aku nggak sebanyak itu, bahkan dibayar Rp25 ribu pernah, seiring berjalan waktu akhirnya harga jasa make up ku bisa meningkat sesuai dengan penilaian klien-klienku,” ungkapnya bangga.

MERIAS ARTIS

Karier Irwan Riady mulai melejit setelah ia dipercaya menjadi perias pengantin pasangan seleb Katon Bagaskara dan Ira Wibowo pada 1996. “Dari situ tawaran banyak banget menjadi MUA karena memang pernikahan mereka kan waktu itu cukup kontroversi,” ucapnya.

Tak disangka Irwan Riady pada tahun 2000-an menjadi pemenang make up karakter pada video klip milik Ahmad Dhani dan Andra Junaidi dengan judul ‘Kuldesak’. “Saya ditelepon sama pihak MTV untuk hadir sebagai nominasi the best make up, ternyata saya menjadi pemenang dari MTV Video Music Award 2000 itu, saya beneran kaget juga karena banyak juga nominasi lain yang bagus-bagus tapi Alhamdulilah saya dapat penghargaan itu bangga banget,”ungkapnya.

Selain itu ia juga dipercaya untuk merias wajah sejumlah artis yang menjadi video klip garapan sutradara handal Rizal Mantovani, Dimas Jayadiningrat, Jose Purnomo dan lain sebagainya. “Saat itu Krisdayanti yang paling ngetop dengan make up-nya,ada temen saya yang jadi MUA andalan dia, nah berawal dari situ istilah MUA itu profesinya sangat dihargai,” jelas pria berusia 54 tahun ini.

Baginya, saat ini generasi milenial tidaklah sesulit dirinya dulu saat belajar make up. “Sekarang ada di tutorial Youtube ada medsos lain juga, jadi lebih gampang sih, jadi ya akhirnya tantangan dan persaingan lebih ketat,” jelas Irwan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT