ADVERTISEMENT

Menjaga Sistem Imun di Era Pandemi Covid (bagian 2)

Senin, 18 Mei 2020 07:00 WIB

Share
Menjaga Sistem Imun di Era Pandemi Covid (bagian 2)

Oleh: dr. AndriantoPurnawan SpBS

(Ketua Tim Pelaksana Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanganan Pandemi Covid PB IDI)

PADA bagian pertama, kami menjelaskan sistem imun merupakan pertahanan tubuh kita dalam melawan mikroorganisme dan benda asing yang masuk ke tubuh kita.

Menghadapi Covid 19 yang pandemi saat ini, maka kita perlu meningkatkan sistem imun kita agar tetap sehat.

Beberapa suplemen yang dapat dipertimbangkan sebagai cara untuk meningkatkan sistem imun, yaitu:

Probiotik. Probiotik adalah jenis mikroorganisme yang diketahui memiliki manfaat bagi tubuh. Contoh probiotik antara lain Lactobacillusdan Bifidobacterium. Probiotik diketahui memiliki peran dalam meregulasi respons imun non-spesifik dan spesifik dengan mengatur fungsi sel dendritik, makrofag, sel limfosit T dan B.

Perlindungan terhadap infeksi virus juga diketahui menjadi salah satu manfaat dari probiotik. Konsumsi probiotik diketahui dapat mengurangi risiko commoncoldpada individu sehat. Mekanisme lain dari probiotik adalah pengaturan mikrobiota usus dengan menjaga keseimbangan dan menekan pertumbuhan bakteri patogen pada usus.

Bukti-bukti ini memperlihatkan manfaat kesehatan dan peran probiotik dalam mengatur homeostasis imun seorang individu. Penelitian mengenai manfaat probiotik terhadap sistem imun masih terus berjalan hingga sekarang.

Baca jugaMenjaga Sistem Imun di Era Pandemi Covid (Bagian 1)

Berikutnya Zink. Zink memiliki peran penting dalam sistem imun dan individu dengan defisiensi zink akan mengalami kerentanan terhadap patogen. Zink berperan penting dalam perkembangan dan fungsi normal dari sel imun non-spesifik seperti neutrofil dan sel natural killer.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT