ADVERTISEMENT

Menjaga Sistem Imun di Era Pandemi Covid (Bagian 1)

Minggu, 17 Mei 2020 07:00 WIB

Share
Menjaga Sistem Imun di Era Pandemi Covid (Bagian 1)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: dr. Andrianto Purnawan SpBS

(Ketua Tim Pelaksana Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanganan Pandemi Covid PB IDI)

COVID 19 telah menjadi berita yang selalu kita dengar setiap hari baik dari media massa mainstream maupun dari media sosial. Covid 19 yang awalnya dari Wuhan, China, sekarang sudah menyebar ke lebih dari 200 negara. Dan sampai saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin yang efektif dalam mengatasi Covid 19.

Presiden Jokowi pun mengatakan agar bersahabat dengan Covid 19 sampai ditemukan obat dan vaksin untuk Covid 19. Untuk itu, menjaga sistem pertahanan tubuh (sistem imun) menjadi prioritas utama di era pandemi Covid 19 saat ini.

Sistem imun merupakan pertahanan tubuh kita dalam melawan mikroorganisme dan benda asing yang masuk ke tubuh kita. Menghadapi Covid 19 yang sedang pandemi saat ini, maka kita perlu meningkatkan sistem imun kita agar tetap sehat. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem imun di antaranya :

Beberapa pola hidup yang dapat diterapkan untuk menjaga sistem imun:

1. Tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu hal penting dalam regulasi sistem imun. Kekurangan tidur dapat menyebabkan berkurangnya fungsi sistem imun seperti berkurangnya proliferasi limfosit.

2. Diet

Sistem imun yang kuat memerlukan nutrisi yang kuat. Individu yang kekurangan gizi lebih rentan mengalami infeksi dibandingkan individu dengan gizi yang baik. Kekurangan zink, selenium, tembaga, asam folat, dan vitamin A, B, C, D dan E diketahui dapat mengurangi fungsi sistem imun. Asupan makanan sehat seimbang, yang mengandung banyak buah-buahan dan sayuran penting untuk sehari-hari.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT