ADVERTISEMENT

Bersekolah di Era Pandemi Covid

Jumat, 15 Mei 2020 07:00 WIB

Share
Bersekolah di Era Pandemi Covid

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: dr. Andrianto Purnawan SpBS

(Ketua Tim Pelaksana Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanganan Pandemi Covid PB IDI)

 

COVID-19 telah menjadi pandemi di lebih dari 210 negara. Sampai 14 Mei 2020 tercatat kasus Covid 19 seluruh dunia 4.417.903 jiwa dengan angka kesembuhan 1.648.397 jiwa dan yang meninggal 297.382 jiwa.

Di Indonesia sampai 14 Mei 2020 tercatat kasus Covid-19 15.348 jiwa dengan angka kesembuhan 3.287 jiwa dan angka kematian 1.028 jiwa.

Kita pun sampai sekarang belum tahu kapan pandemi Covid-19 ini berakhir. Bahkan pada Kamis 7 Mei 2020, Presiden Jokowi mengucapkan pernyataan agar berdamai dengan Covid. 

Di masa pandemi Covid-19, pendidikan juga ikut terkena dampaknya sehingga banyak sekolah diliburkan untuk menghindari paparan terhadap anak-anak sekolah. Padahal anak-anak adalah calon pemimpin masa depan, agen perubahan bangsa, dan di pundak merekalah masa depan bangsa ini diletakkan.

Mengingat pentingnya pendidikan, maka UNICEF, WHO, dan IFRC menyusun panduan berjudul "Key Message And Action For COVID-19 Prevention And Control In Schools". Secara ringkas isi panduan tersebut yakni:

Saran bagi guru dan staf sekolah lainnya. Prinsip dasarnya adalah menjaga guru, staf dan murid selalu sehat dan menghindari penyebaran Covid-19. Hal yang dilakukan adalah: pelajar, guru dan staf yang sakit dilarang masuk sekolah.

Selain itu, sekolah menerapkan cuci tangan secara teratur dan perilaku hidup bersih dan sehat. Di antaranya: Pertama, pastikan sabun dan air mengalir tersedia di kamar mandi, toilet, wastafel sekolah.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT