ADVERTISEMENT

Hasil Rapid Test di Rutan Pondok Bambu 24 Napi Positif Corona

Selasa, 12 Mei 2020 21:34 WIB

Share
Hasil Rapid Test di Rutan Pondok Bambu 24 Napi Positif Corona

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Sebanyak 24 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan dua orang petugas Rumah Tahanan (rutan) Klas 1 Pondok Bambu, Duren Sawit, positif Covid 19. Hasil itu diketahui setelah di penjara khusus wanita itu dilakukan rapid test dari Sudin Kesehatan Jakarta Timur.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Reynhard Silitonga mengatakan, didapatkannya hasil mengejutkan itu setelah dilakukan rapid test itu dilakukan pada 9-11 Mei 2020 lalu. "Dari hasil pemeriksaan itu diketahui dua petugas dan 24 warga binaan yang hasil rapid test-nya reaktif," katanya, Selasa (12/5/2020).

Meski begitu, Reynhard tak menjelaskan detil kenapa dua petugas dan 24 WBP menunjukkan gejala terjangkit Covid-19. Dia hanya menjabarkan 12 WBP di antaranya sudah melakukan tes swab yang diproses lewat pemeriksaan mesin polymerase chain reaction (PCR). "Dua petugas sudah melakukan isolasi mandiri di rumah, sementara 12 WBP lain diisolasi mandiri di kamar karantina sambil menunggu hasil swab," terangnya.

Reynhard menuturkan rapid test di Rutan Pondok Bambu, diikuti 115 petugas, 2 orang petugas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI. Sementara itu, 309 WBP, dua anak bayi, sembilan orang pegawai kejaksaan dan 12 orang pihak eksternal (pihak luar) ikut pemeriksaan. "Sampai saat ini, pengawasan kami lakukan secara maksimal," tuturnya.

Sementara Karutan Pondok Klas I Bambu Ema Puspita menolak memberi keterangan tanpa alasan yang jelas saat dikonfirmasi. "Maaf karena tidak bisa memberi keterangan," kata Ema.

Atas temuan itu, dengan ditemukannya kasus itu didalam rutan Pondok Bambu, bukan tidak mungkin virus Corona yang semakin mewabah, akan membuat panik penghuni yang ada. Bahkan, bila tak segera ditangani, tempat itu akan menjadi kuburan massal karena narapidana yang tak bisa kemana-mana dan terjebak wabah Covid 19.(ifand/ruh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT