ADVERTISEMENT

Tidak Seperti Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres Masih Sepi Pemudik, Ini Alasannya...

Minggu, 10 Mei 2020 13:35 WIB

Share
Tidak Seperti Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres Masih Sepi Pemudik, Ini Alasannya...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Terminal Kalideres, Jakarta Barat, masih sepi dari pemudik. Hal ini dikarenakan terminal ini masih belum dapat izin menyediakan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) bagi pemudik.

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen mengatakan, Terminal Kalideres tidak ditunjuk melayani bus AKAP untuk pemudik melakukan pejalanan ke luar Jabodetabek. Sehingga pihaknya hanya melayani angkutan Jabodetabek dan dalam kota saja.

"Kami tidak melayani (Bus AKAP) sejak pembatasan mudik. Karena tidak ditunjuk, dan hanya Terminal Pulogebang yang ditunjuk oleh Menhub," ujar Revi ketika dihubungi, Minggu (10/5/2020).

Menurutnya, Terminal Terpadu Pulogebang ditunjuk untuk kembali melayani angkutan bus AKAP karena dinilai lebih memenuhi persyaratan. Terlebih, Terminal Pulogebang ini memiliki bangunan yang tertutup, sehingga lebih mudah mengawasi penumpang yang datang ke terminal tersebut.

"Mungkin karena pengawasan harus ketat (sehingga tidak semua terminal ditunjuk untuk kembali melayani bus AKAP). Baik persyaratannya kalau memenuhi syarat Pulogebang kan. Kalau kami kan terbuka tempatnya. Sedangkan Pulogebang tertutup. Jadi pengawasan lebih gampang," jelas Revi.

Ia mengungkapkan, hingga hari ini kondisi di Terminal Kalideres masih terpantau sepi. Pasalnya, loket tiket pun masih ditutup karena tidak adanya pelayanan angkutan bus untuk mudik ke luar Jabodetabek.

"Kondisi masih sepi, loket-loket juga masih tutup," tandasnya.

Baca jugaBus AKAP di Terminal Pulogebang Kembali Beroperasi

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, diizinkannya terminal melayani penumpang bukan relaksasi ataupun kelonggaran, melainkan penjabaran Permen 25 Tahun 2020 tentang pengaturan transportasi saat mudik Lebaran.

Salah satu terminal yang dipilih untuk kembali melayani penumpang pulang kampung dengan keadaan mendesak ialah Terminal Terpadu Pulogebang.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT