ADVERTISEMENT

Dokter Tim Persija Kasih Tips Olahraga Yang Tepat Untuk Pemain di Bulan Puasa

Sabtu, 2 Mei 2020 20:46 WIB

Share
Dokter Tim Persija Kasih Tips Olahraga Yang Tepat Untuk Pemain di Bulan Puasa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA  - Dokter tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan memberikan tips olahraga yang tepat selama Bulan Ramadan dan di masa pandemi virus Corona atau COVID-19 kepada para pemain. Menurut dokter yang kerap disapa Docbro, menjalankan ibadah puasa bukan alasan bagi para pemain untuk tidak berolahraga, meski kompetisi dihentikan akibat pandemi.

Menurutnya, faktor yang paling penting berolahraga saat puasa adalah waktu pelaksanaan. Ia menjelaskan ada tiga waktu yang terbaik untuk melakukan aktivitas olahraga. Pertama waktu yang tepat disarankan yakni sebelum waktu buka puasa. Direkomendasikan 60-90 menit sebelum berbuka. “Yang perlu diingat sebelum olahraga adalah intensitas olahraganya, mengingat kita dalam kondisi puasa otomatis tubuh kita kekurangan energi. Yang penting jangan berlebihan,” katanya.

Kedua, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah setelah berbuka. “Makan takjil sedikit yang paling penting kita ingat adalah hidrasi yang bagus, cukup minum kalau bisa minuman yang mengandung elektrolit. Di sini olahraganya bisa diangkat sedikit intensitasnya namun tidak boleh juga berlebihan,” jelas dokter lulusan Spesialis Kedokteran Olahraga di Universitas Indonesia tersebut.

Ketiga, olahraga juga bisa dilakukan sebelum sahur, meskipun hal itu bisa mengganggu pola tidur dan kurang maksimal untuk aktivitas olahraganya. “Namun benefitnya setelah olahraga kamu bisa makan setelah itu dan tidak terganggu puasanya. Keuntungan lainnya bisa memberikan energi seharian penuh,” ungkap Dokter Donny yang juga mengungkapkan jenis olahraga yang tepat untuk dijalani para pemain selama puasa di bulan Ramadan.

Menurutnya, olahraga yang tepat di antaranya adalah berjalan. Namun dia juga mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan saat melakukan aktivitas ini selama masa pandemi. “Kamu bisa melakukan aktivitas berjalan selama 30 menit setiap harinya. Akan tetapi ingat di saat ini ketika jalan di luar menggunakan masker,” tambahnya. "Sementara untuk makanan dianjurkan banyak makan sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, dan E yang bisa meningkatkan imunitas tubuh," tuntasnya. (junius/fs)


 

 
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Faisal
Editor: Faisal
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT