ADVERTISEMENT

Kemparekraf Sementara Pakai Logo 'Thougtful Indonesia', Empati Terhadap Pandemi Corona

Minggu, 26 April 2020 04:15 WIB

Share
Kemparekraf Sementara Pakai Logo 'Thougtful Indonesia', Empati Terhadap Pandemi Corona

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) untuk sementara waktu mengunakan logo 'Thoughtful Indonesia' di masa pandemi COVID-19.

Namun, logo tersebut bukan untuk menggantikan branding 'Wonderful Indonesia'yang selama ini digunakan sebagai instrumen kampanye pariwisata Indonesia kepada wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan jika 'Thoughtful Indonesia' merupakan kontekstual logo yang menyerupai logo 'Wonderful Indonesia' agar berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam situasi tanggap darurat virus corona ke publik baik di dalam maupun di luar negeri.

"Banyak pertanyaan yang datang, apakah Branding Wonderful Indonesia sudah diganti? Sekali lagi, itu bukan mengganti logo Wonderful Indonesia yang merepresentasikan brand promise institusi dan branding utama kita," kata Wishnutama seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (24/4/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Thoughtful Indonesia adalah logo kontekstual yang menyerupai logo Wonderful Indonesia agar related dengan pesan yang hendak bawa dalam situasi krisis ini.

Selain itu, logo ini juga menjadi landasan utama kami untuk menghadirkan program-program yang 'thoughtful' membantu pelaku dan pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak Covid-19.

Wishnutama juga mengatakan, pihaknya menggunakan logo Thoughtful Indonesia untuk menunjukkan empati tertinggi dari sektor pariwisata terhadap kondisi saat ini di tengah pandemi COVID-19. Logo tersebut juga mendapat apresiasi dari publik di Eropa sejak ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemi oleh WHO.

"Ini salah satu bagian dari soft promotion juga keluar, dan kami mendapat laporan bahwa publik di Eropa mengapresiasi hal tersebut. Ini bagian dari kami untuk mengkomunikasikan bahwa kita berempati dengan situasi saat ini dan We are still Wonderful in many ways," tambahnya.

Tak hanya pariwisata Indonesia, menurut Wishnutama, banyak merek besar lainnya melakukan perubahan logo kontekstual di masa pandemi.

"Jadi kontekstual logo ini sementara digunakan dan strategi ini juga sudah banyak dikenal di dunia internasional," tandas Wishnutama. (mia/ys)

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT