ADVERTISEMENT

Ketua MPR Dukung Kebijakan Jokowi Larang Mudik Lebaran

Rabu, 22 April 2020 14:49 WIB

Share
Ketua MPR Dukung Kebijakan Jokowi Larang Mudik Lebaran

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA  - Terkait diresmikannya larangan mudik lebaran oleh Presiden Jokowi bagi masyarakat di tengah masa pandemi virus Covid-19 yang mulai berlaku tanggal 24 April 2020, maka Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung kebijakan tersebut.

      "Kami mendukung penuh langkah pemerintah dalam menetapkan larangan mudik lebaran tersebut, sehingga diharapkan dapat secara efektif mencegah penularan virus Covid-19 semakin meluas ke daerah-daerah yang menjadi tujuan pemudik," ucap Bamsoet panggilan akrabnya di Jakarta, Rabu (22 /4/2020).

     Dia juga mendorong pemerintah secara gencar menyosialisasikan keputusan pelarangan mudik lebaran tersebut kepada masyarakat, mulai dari aturan hingga penerapan sanksi serta memperkuat edukasi secara masif menggunakan berbagai media dan tokoh masyarakat, khususnya tokoh agama dan tokoh budaya disertai penegakan hukum terhadap warga negara yang tidak mematuhi kebijakan pemerintah ini secara disiplin.

       "Mendorong pemerintah (Kementerian Perhubungan) bekerja sama dengan Kepolisian untuk segera menyiapkan skema dan aturan pelaksanaan larangan mudik lebaran, seperti pembatasan lalu lintas bagi angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk keluar dari zona merah (Jabodetabek), " ucap Bamsoet.

      Selain itu, Bamsoet juga mengimbau masyarakat untuk dapat mematuhi keputusan pemerintah yang melarang mudik saat lebaran 2020, dengan begitu rantai penyebaran virus Covid-19 betul-betul bisa diputus.

     Ia menambahkan Pemerintah pusat mengimbau pemerintah daerah agar bekerja sama dengan  ketua RT dan ketua RW setempat  untuk melakukan pendataan masyarakat yang sudah terlanjur mudik ke masing-masing daerah dan memberlakukan karantina mandiri secara ketat dan disiplin, serta menyiapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol isolasi mandiri.(johara/win)

ADVERTISEMENT

Reporter: Redaksi
Editor: Redaksi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT