ADVERTISEMENT

KAI Daop 1 Jakarta Batalkan Jadwal 44 Kereta Jarak Jauh

Selasa, 31 Maret 2020 18:25 WIB

Share
KAI Daop 1 Jakarta Batalkan Jadwal 44 Kereta Jarak Jauh

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA  -  PT. KAI Daop 1 Jakarta kembali menambah pembatalan perjalanan kereta api (KA) jarak jauh menjadi 44 KA untuk periode 1 April hingga 1 Mei 2020. Hal tersebut setelah terjadi penurunan jumlah penumpang yang mencapai 80 persen.

Sebelumnya pada periode yang sama yakni 1 April hingga 1 Mei 2020 PT. KAI Daop 1 Jakarta telah memberikan 28 jadwal keberangkatan KA jarak jauh. Seluruh KA yang dibatalkan dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, dan Stasiun Jakarta Kota.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menjelaskan pada waktu normal terdapat 67 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, diantaranya 37 KA dari Stasiun Gambir, 27 KA Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Selain itu, jarak antar penumpang dalam gerbong juga akan dibatasi dan diatur oleh petugas. Mayoritas volume dalam satu rangkaian kereta yang diberangkatkan hanya akan diisi oleh 20 sampai 30 penumpang. Untuk jaga jarak antar orang, dalam satu rangkaian kereta tidak akan melebihi 50 persen penumpang.

"Sebagai gambaran volume penumpang dalam satu hari untuk Stasiun Gambir pada waktu normal dapat mencapai hingga 15 ribu penumpang, namun untuk saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 1000 orang untuk keberangkatan," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/3/2020).

Sementara di Stasiun Pasar Senen dari rata-rata volume penumpang yang dapat mencapai sekitar 17 ribu penumpang, saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 4.000 orang untuk keberangkatan.

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100% di luar bea pesan. Diimbau pembatalan dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access versi terbaru.

"Proses pembatalan juga dapat dilakukan di loket stasiun pembatalan yang ditentukan, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, Serang, dan Bogor Paledang," papar Eva.

Kali ini PT. KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya, namun penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA lain secara mandiri. 

Berikut daftar 44 KA Jarak Jauh yang dibatalkan, d iantaranya 27 KA keberangkatan Gambir, 14 KA dari Pasarsenen dan 3 KA dari Jakarta Kota :

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yepe
Editor: Dwi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT