ADVERTISEMENT

Loyalitas Tanpa Batas, Paramedis Puskesmas di Pamulang Kenakan Jas Hujan saat Bertugas

Jumat, 27 Maret 2020 13:30 WIB

Share
Loyalitas Tanpa Batas, Paramedis Puskesmas di Pamulang Kenakan Jas Hujan saat Bertugas

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGSEL - Alat pelindung diri (APD) menjadi kebutuhan utama bagi paramedis saat ini. Sayangnya, tidak semua memilikinya. Di Puskesmas Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), tak ada APD, jas hujan pun jadi. 

Tidak hanya dokter dan perawat, petugas keamanan dan kebersihan pun terpaksa mengenakan jas hujan plastik sepanjang bertugas. Ini mereka lakukan untuk melindungi diri dari penularan virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Kurang lebih sudah seminggu kami mengenakan jas hujan seperti ini," kata seorang perawat, saat berbincang dengan Poskota.id, Jumat (27/3/2020).

"Gerah memang, tapi mau bagaimana lagi? Ini (wabah Corona) sangat berbahaya, bisa menular dengan cepat," imbuhnya.

Wawan, petugas keamanan menimpali, ia dan paramedis di fasilitas kesehatan (faskes) itu harus tetap bekerja melayani warga. Keterbatasan APD di tengah mewabahnya Corona tidak bisa mereka jadikan alasan untuk libur bekerja.

"Ibarat pepatah tak ada rotan akar pun jadi, tak ada APD jas hujan pun jadi," ucapnya, seraya tertawa.

Poskota.id memantau, selain mengenakan jas hujan sebagai APD, petugas juga menjalankan SOP pencegahan penyebaran Covid-19. Semua pengunjung harus melewati pengecekan suhu tubuh di pintu masuk.

Pengunjung pun dibatasi. Hanya mereka yang merasa punya masalah kesehatan boleh masuk. "Yang sehat silakan menunggu di luar," ujar salah satu petugas mengatur antrean pengunjung.

Sementara petugas lainnya sibuk menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area dan tubuh pengunjung yang masuk. Pengunjung juga selalu diingatkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer saat masuk dan sebelum meninggalkan puskesmas.

"Ini baru namanya loyalitas tanpa batas. Semoga penanggulangan wabah Corona berjalan lancar, kita semua terlindungi kesehatannya, dan petugas puskesmas segera dapat APD yang layak untuk proteksi diri. Kasihan kalu cuma pakai jas hujan," kata Eko (35), warga, menimpali sambil menunggu istrinya berobat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT