Cegah Penyebaran Covid-19, BPJAMSOSTEK Jakarta Cilincing Berlakukan 'Lapak Asik'

Selasa 24 Mar 2020, 09:10 WIB
BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Cilincing.(ist)

BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Cilincing.(ist)

JAKARTA – Guna  mengantisipasi penyebaran virus covid-19, BPJAMSOSTEK Jakarta Cilincing memberlakukan Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) yang menfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik.

“Pemberlakuan  layanan ini sesuai arahan dari Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Krisna Syarif, dimana pengaruh layanan online dan tanpa kontak fisik sebagai antisipasi penyebaran virus covid-19 yang sedang ditekankan oleh pemerintah,” jelas Kepala kantor cabang Jakarta Cilincing Yudi Amrinal, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

Melalui Lapak Asik, lanjutnya, pengajuan klaim jaminan hari tua (JHT) peserta dapat diakses melalui antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU dengan memastikan data diri yang diisi benar dan kemudian dikirim  melalui email yang selanjutnya dilakukan verifikasi oleh petugas.

“Setelah itu, status pengajuan akan diinformasikan melalui e-email/whatsapp/telepon/SMS,” papar Yudi Amrinal .

Ditambahkannya, jika dalam pengajuan mengalami kegagalan dalam unggah dokumen, peserta dapat datang ke kantor cabang yang dipilih sesuai jadwal antrian online.

Setelah peserta sampai di kantor cabang yang dituju, lanjutnya, akan dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas sebelum masuk kedalam ruang tunggu.

“Pada proses pelayanan, petugas terlebih dahulu melakukan pengecekan suhu tubuh kepada peserta. Peserta yang lolos dari pengecekan suhu tubuh, dilakukan pengecekan dokumen oleh petugas, kemudian dokumen dimasukkan ke dalam DROPBOX yang telah disiapkan ,” tambah Yudi Amrinal.

Selain Jaminan Hari Tua (JHT), pengajuan lain seperti jaminan kecelakaan kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Pensiun (JP) juga sama dalam prosedurnya. (tri)

News Update