ADVERTISEMENT

Unang Rustanto Tinggalkan Pekerjaan Demi Pertanian

Senin, 9 Maret 2020 08:30 WIB

Share
Unang Rustanto Tinggalkan Pekerjaan Demi Pertanian

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT


KECINTAANNYA terhadap pertanian sejak kecil, mengantarkan Unang Rustanto menjadi seorang pejabat di lingkungan Pemprov DKI.Yakni sebagai Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara.

Dalam kecintaanya itu, Sarjana Magister Managemen SDM lulusan Universitas Veteran ini bahkan sempat sengaja mengundurkan diri dari tempat kerjanya dengan gaji pada waktu itu cukup besar.

"Waktu itu padahal gaji saya sudah cukup lumayan besar ya , sekitar Rp500 ribu. Tapi karena memang tidak sesuai dengan background pendidikan, maka saya pilih untuk tidak memperpanjang kerja. Ibaratnya saya rela meninggalkan pekerjaan demi pengembangan pertanian," ucap Unang, kepada Pos Kota , kemarin.

Menurutnya, pertanian itu cukup luas tidak sebatas pada tanaman. Selain juga ada pada peternakan dan perikanan. "Mungkin juga karena saya anak Desa, yang kehidupan sehari-harinya selalu lekat dengan sawah pertanian dan ternak hingga menjadikannya senang," katanya.

Mengawali kisahnya, Unang yang merupaka anak seorang guru tersebut mengaku selepas lulus kulian ingin menseriusi hobby nya tersebut, ia merantau ke Jakarta tahun 1995. "Saya merantau ke Jakarta untuk mencari kerja," paparnya.

Mendapat informasi adanya lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) DKI, bapak dua anak tersebut pun seakan tidak ingin kehilangan kesempatan. Dengan tekat dan juga cita-cita , Unang pun mengikuti tes CPNS dan ia pun berhasil keterima.

"Pertama kali tugas saya mendapatkan penempatan di Sudin Pertanian Jakarta Utara, sebagai staf. Kemudian, sempat dimutasi ke wilayah Jakarta Pusat dan promosi jabatan Kepala Subag Tata Usaha Dinas Pertanian serta Kepala Subag Tata Usaha Sudin Jakarta Utara," ucapnya .

Selanjutnya, pada Februari 2020, Unang pun dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara. "Dengan jabatan yang saya emban saat ini, dan juga background pendidikan yang sesuai tentunya saya ingin mengabdi kepada masyarakat dengan totalitas," ujarnya.

HIJAU ROYO-ROYO

Sebagai Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Unang pun memiliki program unggulan yang dimiliki, ia pun ingin menjadikan Jakarta Utara hijau royo-royo.

"Image yang ada saat ini kan ketika orang mendengar Jakarta Utara itu yang terbayangkan panas, dan juga gersang. Karena itu, melalui urban farming atau pertanian kota saya ingin menjadikan wilayah Jakarta Utara hijau tidak panas kembali," ungkapnya, kepada Pos Kota.

Menurut pria kelahiran Wonosari, 12 Oktober 1967 tersebut, salah satu program pertanian kota yang akan diterapkannya adalah dengan menambah sebanyak 30 gang-gang hijau yang ada di pemukiman warga. "Lahannya sendiri kalau bisa nantinya sengaja kita pilih di pemukiman padat," jelasnya.

Unang menambahkan, tanaman merambat dan juga produktif seperti sayuran akan menjadi jenis tanaman yang akan dibudidayakan di gang-gang hijau tersebut.

Selain program pertanian kota, Unang juga memiliki sejumlah program unggulan lainnya seperti mempertahankan Jakarta bebas rabies , serta melakukan pengawasan pasar terhadap produk-produk pangan pertanian, perikanan dan peternakan di bawah kandungan 95 persen pestisida obat-obatan. (deny/ruh)

ADVERTISEMENT

Reporter: Dwi
Editor: Dwi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT