ADVERTISEMENT

Anak Maros Ciptakan SZ Irit BBM, Jakarta - Surabaya BBM Cuma Rp300.000

Senin, 9 Maret 2020 09:33 WIB

Share
Anak Maros Ciptakan SZ Irit BBM, Jakarta - Surabaya BBM Cuma Rp300.000

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kaum Milenial anak Maros Sulawesi Selatan yang merantau di Jabodetabek, kembali membuat gebrakan. Putra Maros, Zulkifli Andi(33)menemukan riset penghemat bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan mobil. Komponen power kapsul ini diberinama SZ.

Zulkifli mengembangkan riset temuan hemat BBM untuk mobil sejak 4 tahun lalu. Ini merupakan generasi kedelapan dalam meriset penghematan konsumsi BBM di mobil, dan merupakan pengembangan serta penyempurnaan alat," kata Zulkifli, lulusan Jurusan IT ini, Senin (8/3/2020).

Power kapsul SZ ini diyakini, untuk konsumsi bahan bakar hanya membutuhkan Rp 3 ribu jarak Ibukota - Surabaya. "Irit bener, dan performa mesin lincah ketika pasang power kapsul, dan saya test perjalanan Jakarta - Surabaya hanya Rp300 ribu," ucap Yan R.

Dikatakan, SZ tersebut dikemas dalam baja dan diletakkan disamping knalpot bagian depan kap mobil. Pemasangan SZ ini menghubungkan dari uap ventilasi bensin, dikelola oleh lakanalis SZ, dipanasin dengan turbolance yang menghasilkan hidrogen lalu masuk ke ruang intake manifold keruang pembakaran.

Pembakaran di ruang piston lebih sempurna dan lebih irit, karena dorongan bahan bakarnya lebih baik transmisinya. Isi didalam Power Kapsul ini berupa semacam chemical, yang mengubah uap bensin menjadi hidrogen.

"Pengembangan ini telah melewati tahapan evaluasi agar komponen power kapsul berfungsi maksimal dan kinerja mesin tetap normal, serta tidak merusak sistem mesin," pungkasnya.

Ketua Umum Perkumpulan Anak Maros Indonesia, H. Sulkarnain, memberikan apresiasi kaum muda anak milenial, yang merupakan Putra Maros Anak Indonesia, dalam mengembangkan temuan risetnya ini. "Ini merupakan angin segar bagi kaum muda, yang terus kembangkan riset tekhnologi mengenai irit bbm, dan ramah lingkungan," ucap Sulkarnain.

Sulkarnain berharap, temuan alat riset power kapsul ini sebagai pendorong kreatifikasi kaum milenial anak bangsa, dalam mendukung program pemerintah yang ramah lingkungan. Kaum Milenial Riset Irit BBM dan Ramah Lingkungan di Ibukota. (ilham/mb)

ADVERTISEMENT

Reporter: Mbun
Editor: Mbun
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
1 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT