JAKARTA – PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah 20 armada yang melintasi Stasiun Manggarai. Hal itu untuk mendukung kegiatan pergantian wesel oleh PT. KAI Daop 1 Jakarta dan PT. KCI di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota pada tanggal 13 hingga 23 Februari 2020.
Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT. Transjakarta, Nadia Diposanjoyo, mengatakan armada tambahan tersebut akan beroperasi pada jam-jam sibuk sehingga headway atau masa tunggu per lima menit interval kedatangan.
"Penambahan pola layanan ini disesuaikan dengan pola operasi yang diberlakukan oleh KRL selama perawatan diperlukan," kata Nadia dalam keterangan keterangan tertulis, Rabu (12/2/2020).
Nadia mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Kereta Commuter Line (KCI) untuk mempelajari reyasa perjalanan kereta selama perbaikan wesel tersebut. Armada tambahan diharapkan mampu mengantarkan pelanggan KRL menuju lokasi tujuan masing-masing.
"Transjakarta sendiri memiliki sebanyak 8 (delapan) rute khusus yang melintas di Stasiun Manggarai dan rute lain yang dapat digunakan untuk meneruskan perjalanan, di samping penambahan armada yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk melanjutkan perjalanan," papar dia.
Berikut rute-rute yang melintas di Stasiun Manggarai:
1. Layanan 4 rute Pulogadung - Tosari
2. Layanan 4B rute Stasiun Manggarai - Universitas Indonesia.
3. Layanan 4D rute Pulogadung - Patra Kuningan
4. Layanan 4H rute Pulogadung - Ragunan
5. Layanan Layanan 6F rute Ragunan - Stasiun Manggarai
6. Layanan 6M rute Stasiun Manggarai - Blok M
7. Layanan B23 rute Bekasi Timur - Manggarai
8. Layanan M4 rute Pulogadung - Dukuh Atas.
Ditambahkan Nadia, akan ada sebanyak 20 unit bus lagi yang diturunkan selama pola operasi berlangsung. Semua bus merupakan tipe bus single Highdeck berkapasitas 29 orang duduk dan 36 berdiri dan 1 kursi roda guna memudahkan integrasi dengan halte Bus Rapid Transit (BRT) dan Transjakarta.
“Kami akan menambah bus mulai pukul 06:00- 09:00 WIB dan Pukul 17:00 - 20:00 WIB selama 10 Hari kedepan. Evaluasi akan kami lakukan setiap hari apabila diperlukan pola operasi berbeda tentunya akan kami berlakukan sesuai dengan ritme pelanggan yang ada di setiap stasiun selama masa perawatan berlangsung hingga selesai," tandas Nadia. (yendhi/tri)