ADVERTISEMENT

Sirkuit Baru Formula E Diklaim Tak Kalah Iconic dengan Monas

Jumat, 7 Februari 2020 13:04 WIB

Share
Sirkuit Baru Formula E Diklaim Tak Kalah Iconic dengan Monas

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA  - Pasca dilarang menggunakan kawasan Monumen Nasional (Monas) sebagai salah satu sirkuit Formula E oleh Sekretariat Negara (Setneg), PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara mengaku telah menyiapkan jalur baru yang tak kalah ikonik.

Deputy Director Communication Formula E Jakpro, Hilbram Dunar, mengatakan sesuai rencana awal bahwa sirkuit Formula E harus berdekatan dengan icon Jakarta, sebagai promosi kota ramah lingkungan. Sehingga jalur baru tersebut tetap akan berdekatan dengan ikon Jakarta.

"Intinya pasti sirkuit jalan raya dan kami mengusahakan bisa se-'iconic' Monas. Karena salah satu inti penyelenggaraan Jakarta E-Prix adalah mempromosikan Jakarta sebagai Sustainable city yang ramah lingkungan," ujar Hilbram saat dihubungi, Jumat (7/2/2020).

Namun demikian, Hilbram masih enggan membocorkan sirkuit baru yang telah disiapkan oleh Jakpro. Nantinya akan diumumkan secara resmi setelah ada perencanaan matang dan masukan dari pihak terkait.

"Alternatif sirkuit sudah kami siapkan, tapi maaf belum bisa kami infokan dimana, karena masih harus diskusi dengan pihak-pihak terkait," ujar dia.

Meski ada perubahan lintasan, tetapi Hilbram pastikan penyelenggaraan ajang Formula E akan sesuai rencana awal. Tentunya jalur yang akan disiapkan sesuai dengan standar FIA sebagai organisasi internasional otomotif.

"Bocorannya jalannya harus sesuai standar FIA. Untuk timeline masih bisa dalam 4 bulan ini," tandas Hilbram.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memastikan balap mobil Formula E akan tetap dilanjutkan meski tidak menggunakan kawasan Monas sebagai salah satu sirkuit. Pihaknya bersama tim dari  Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) selaku pencetus Formula E akan mencari rute baru.

Sekretariat Negara, selaku Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka, tidak memberi ijin Pemprov DKI menggelar ajang balap mobil Formula E di kawasan Monas. Sebab, Monas merupakan cagar budaya sehingga tidak mungkin dilakukan pengaspalan untuk sirkuit. (yendhi/mb)

ADVERTISEMENT

Reporter: Mbun
Editor: Dwi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT