Jumat Berkah, Ibu-ibu Majelis Taklim Sedekah Nasi Kotak untuk Jamaah Jumatan

Jumat, 17 Januari 2020 16:10 WIB

Share
Jumat Berkah, Ibu-ibu Majelis Taklim Sedekah Nasi Kotak untuk Jamaah Jumatan

BEKASI –  Senyum sumringah terpancar dari para jamaah Masjid  Jami Baiturrahman, RW 010 Perumahan Mangunjaya Indah I, Tambun Selatan, Jumat (17/01/2020).

Selain lelaki dewasa, anak-anak berseragam sekolah pun tak kalah gesitnya,mereka dengan tawa lebar menenteng kotak kardus berisi nasi, yang dibagiakan usai Solat Jumat.

Mereka terutama anak-anak, antusias mengantre untuk mendapatkan nasi boks dan air mineral dari ibu-ibu warga RW 010 Perumahan Mangunjaya Indah I, Tambun Selatan, “Alhamdulillah tiap Jumat bertambah banyak yang menyumbang nasi kotak,” ujar Teh Na, satu relawan yang menjaga stand nasi kotak Jumat Berkah.

Menurut dia, kegiatan itu sudah sebulan dilakukan, “Sudah empat kali jumatan kami membuka stand di sini,” ujar Teh Na, yang mengaku awalnya memang dilakukan hanya dua RT saja, namun belakangan banyak ibu-ibu yang ingin bersedekah, “Tiap Jumat ada sekitar 400 nasi kotak dibagikan ke jamaah Jumat,” jelasnya.

Sementara itu Manshur, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Baiturrahman, mengatakan kegiatan yang dilakukan ibu-ibu majelis Taklim di lingkungan RW 010 ini tidak mengutak-atik kas masjid, “Ini murni dilakukan ibu-ibu, mulai dari menyiapkan makanan menempatkan dan membagikan ke jamaah,” ujarnya.

Takmir masjid ini pun menyebutkan jamaah jumatan yang hadir,  selain warga sekitar juga ada pegawai kantor di sekeliling masjid dan juga anak sekolah yang masuk siang hari, “Jadi beragam dan ini menjadi daya tarik sendiri, terutama anak-anak sekolah,” jelas Manshur.

Rio (45) salah seorang guru SD yang ikut jumaatan berjamaah, menyambut baik kegiatan nasi jumat berkah, “Selain sebagai ladang amal, juga jamaah yang memang sedang melintas dapat menikmati makanan gratis usai jumatan,” kata Rio.

Selain itu, dia juga berterima kasih, karena ada beberapa muridnya ikut menikmati nasi kotak Jumat berkah, “Jadi mereka tidak jajan lagi, saat istirahat sekolah,” tandasnya, sambil menyarankan lokasi standnya dibagi dua biar jamaah tidak berjejal.

Ide sedekah nasi kotak Jumat berkah ini, bermula dari sekelompok ibu-ibu majelis taklim dua RT yang biasa mengaji menuntut ilmu di Masjid Jami Baiturrahman,

“Saat pertama kali, hanya 100 kotak dan ternyata banyak jamaah yang tidak kebagian,” ujar Manshur.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar