ADVERTISEMENT

Mulai 2020 Ini Calhaj Asal Jabar Berangkat Melalui Bandara Kertajati

Selasa, 7 Januari 2020 23:03 WIB

Share
Mulai 2020 Ini Calhaj Asal Jabar Berangkat Melalui Bandara Kertajati

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA  -  Mulai tahun 2020  ini, calon jemaah haji (calhaj) asal Jawa Barat (Jabar), termasuk Depok dan Bekasi akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Kertajati  Majalengka,  Jawa Barat. 

        Begitu juga dari setelah mereka melaksanakan  ibadah haji juga akan dipulangkan melalui bandara tersebut. Namun demikian,  mereka tetap sebelum berangkat ke Tanah Suci calon jemaah haji menginap di Asrama Haji Bekasi. 

        "Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Menteri Agama Fachrul Razi saat meninjau Bandara Kertajati, Selasa (7/1/2020).

       Fachrul mengatakan seluruh calon jemaah haji akan menginap sehari di Asrama Haji Bekasi,  setelah mengikuti proses kelengkapan administrasi penerbangan. "Selanjutnya, seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju Kertajati," sambungnya.

       Peresmian Bandara Kertajati sebagai bandara haji ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat  sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menteri Agama  kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, di Bandara Kertajati,  Selasa (7/1/2020).
       Hadir, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar beserta jajarannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Bukhori beserta para Kepala Kankemenag,  Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, Dirut PT BIJB Kertajati.

       Dengan penetapan tersebut, jemaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini akan terbang melalui  Kertajati. Demikian juga saat pulang dari Saudi, mereka akan mendarat di  Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

       Fachrul menegaskan bahwa Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Kehadiran Embarkasi/Debarkasi Haji Kertajati ini diharapkan akan menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat.

        "Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jemaah bisa langsung pulang," ujarnya.

        Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan terima kasih atas adanya kepastian dari menteri agama tentang pemanfaatan Kertajati sebagai embarkasi/debarkasi haji. Karena itu, sudah lama diharapkan masyarakat Jawa Barat. 

        "Fasilitas di sini sudah memadai, tapi belum bisa dimanfaatkan maksimal.  Insya Allah dengan keputusan ini,  lebih manfaat untuk agama dan negara," harapnya. (johara/win)

ADVERTISEMENT

Reporter: Redaksi
Editor: Redaksi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT