ADVERTISEMENT

Bimsalabim..Ban Bekas pun Jadi Pot Bunga!

Selasa, 1 Oktober 2019 08:25 WIB

Share
Bimsalabim..Ban Bekas pun Jadi Pot Bunga!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA -  Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, sangat kreatif. Mereka menyulap ban bekas jadi pot karakter yang menjadi sangat indah dan memiliki daya jual.
Hal ini yang dilakukan keenam anggota PPSU kelurahan Pondok Kopi seperti Ahmad Sokari, Maryadi, Marji, Muhammad Said, Syahrul dan Alfizi. Dengan memanfaatkan ban bekas dari bengkel yang ada di sekelilingnya, ban bekas disulap oleh mereka menjadi pot dengan bentuk angsa.
Maryadi, salah satu petugas mengatakan, kegiatan yang ia lakukan itu sudah berlangsung selama beberapa pekan ini. Hal itu lantaran beberapa waktu lalu mereka menemukan tumpukan ban bekas yang dinilainya merusak pemandangan. "Sudah dua minggu ini bikin seperti ini. Bannya dari bengkel, daripada dibuang kan sayang jadi kita manfaatin aja," katanya, Senin (30/9/2019).
Menurutnya, dengan berbekal ilmu yang didapat dan sedikit mencontek dari media sosial, ia pun mengajak kelima temannya. Yang pertama dibuat adalah pot bunga dan dihias menyerupai bentuk angsa.
"Modalnya cuma pisau sama gergaji, dan untuk mempercantiknya nanti di cat agar terlihat bagus," tutur Maryadi.
Dari hasil karya yang mereka buat itu, Maryadi pun mengaku sudah memajang pot bunga itu dibeberapa ruas jalan. Seperti yang pot berbentuk angsa ini sudah diletakan di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Jendral R.S Soekanto hingga di Jalan Pondok Kopi Raya.
"Pinginnya sih bikin banyak, biar di beberapa ruas jalan bisa jadi indah dengan adanya pot seperti ini," ujarnya.
Maryadi mengaku, selain membuat pot bunga berbentuk angsa, beberapa rekannya juga membuat kreasi baru. Dimana saat ini tengah fokus membuat hal lainnya seperti meja dan kursi dari ban bekas. "Kalau bikin meja sama kursi hara ditambah papan untuk mempercantik bentuknya dan bisa dimanfaatkan dengan baik," tuturnya.
Dari hasil karya yang selama ini dibuatnya, Maryadi mengaku, belum berniat untuk memasarkannya. Karena selama ini pot bunga, kursi dan meja dimanfaatkan untuk di kelurahan dan pemikiman saja. "Karena selama ini kami masih berfikir untuk mempercantik wilayah kami saja, jadi belum ada niat seperti itu," terangnya.
Terkait hal itu, Lurah Pondok Kopi, Rasikin mengaku terus mendukung kreativitas anggotanya. Bahkan, usai menyelesaikan tugas pokoknya, keenam anggota PPSU tersebut diminta untuk terus berkarya.
"Dengan hasil karya yang mereka berikan, beberapa ruas jalan yang ada pun semakin sedap dipandang," ujarnya.
Bahkan, kata Rasikin, saat ini ada beberapa anggota PPSU yang tengah menata taman yang ada di samping kantor kelurahan. Dimana mereka rencananya akan membuat miniatur Monas untuk menambah keindahan taman yang ada.
"Kami pun akan terus mendukung apa yang tengah mereka kerjakan selama ini," ujarnya.
Ditambahkan Rasikin, selama ini, pihaknya juga selalu memberi pengarahan setiap seminggu sekali kepada PPSU. Hal itu untuk selalu memberi pelayanan kebersihan yang menjadi tugasnya, selalu menciptakan kreasi dan inovasi sesuai keahliannya.
"Karena dari hasil karya yang mereka lakukan, juga menjadi kebanggaan dan motivasi kepada Petugas PPSU yang lain," pungkasnya. (ifand/yp)

ADVERTISEMENT

Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT