ADVERTISEMENT

Peringati Hari Bumi Warga dan Mahasiswa Bersih-bersih Kali Ciliwung

Senin, 22 April 2019 21:14 WIB

Share
Peringati Hari Bumi Warga dan Mahasiswa Bersih-bersih Kali Ciliwung

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Memperingati Hari Bumi, ratusan warga, mahasiswa dan komunitas kepemudaan, menggelar penanaman pohon di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung, Jalan Arus RT 007/ RW 01, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa.

Lurah Srengseng Sawah, Tubagus Masruri mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Peduli Ciliwung (Mat Peci). Menurutnya ini merupakan salah satu langkah positif, yang tentunya didukung penuh oleh pihak kelurahan dalam upaya menjaga lingkungan.

"Secara simbolis kita menanam pohon endemik Jakarta yang langka seperti pohon kemang, menteng, sirsak, kenari, jamblang, alkesa, dan pohon gandari dari Sudin Kehutanan. Semoga dengan kegiatan ini, warga sadar untuk membuang sampah pada tempatnya," ujar Tubagus Masruri, Senin (22/4/2019).

Lurah juga berharap kegiatan ini juga dilakukan secara rutin bukan hanya momen-momen tertentu saja. Sebab dengan cara ini tentu bantaran kali akan banyak pohon produktif dan nantinya dapat dinikmati masyarakat.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) Usman Firdauz menjelaskan, dalam peringatan ini, beragam kegiatan dilakukan mulai dari memilah sampah plastik dan dedaunan, membersihkan bantaran sungai. Selain itu juga menebar bibit ikan guna menjaga ekosistem sungai agar tetap terjaga dengan baik.

"Sampah-sampah plastik maupun dedaunan dipilah, sampah daun dikumpulkan untuk dijadikan pupuk kompos, lalu sampah plastik diangkut oleh Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan. Kami juga mengimbau kepada warga jangan membuang sampah ke kali, mari kita sama-sama menjaganya," terang Usman Firdauz.

Ke depan, dirinya berencana menjadikan kawasan Sungai Ciliwung di Jakarta Selatan sebagai tempat ekowisata sungai. Sebab kebersihan sungai ini sudah jauh lebih baik, untuk mewujudkan juga perlu adanya kerjasama dengan warga masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

Bahkan Pemkot Jakarta Selatan juga akan mendukung peralatan yang dibutuhkan. Ini tentu menambah semangat dan ini ke depan bisa menjadi destinasi wisata baru di Jakarta Selatan. (wandi/ys)

ADVERTISEMENT

Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT