Layanan Satu Atap Bagi WNI Diresmikan Menlu di Jeddah dan Abu Dhabi

Selasa, 5 Maret 2019 16:13 WIB

Share
Layanan Satu Atap Bagi WNI Diresmikan Menlu di Jeddah dan Abu Dhabi
ARAB SAUDI  – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi meresmikan gedung pelayanan satu atap bagi WNI di dua kota yaitu, Jeddah di Arab Saudi dan Abu Dhabi di Uni Emirat Arab pada 2 dan 4 Maret 2019. Pelayanan satu atap ditujukan untuk mempermudah WNI di Saudi dan UEA untuk mendapat satu alur dan satu sistem pelayanan di bidang kekonsuleran, ketenagakerjaan, keimigrasian, dan perlindungan WNI.

 Dalam keterangannya Retnomenyebut, peluncuran pelayanan satu atap di UEA dan Saudi merupakan yang pertama bagi perwakilan RI di Timur Tengah.

Retno yakin dengan adanya pelayanan satu atap ini sejumlah urusan WNI yang terkait dengan pemerintah akan mudah diakses.

 "Memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat, dan nyaman di Kemlu dan di Perwakilan RI adalah mimpi yang terus kami perjuangkan," kata Retno dalam keterangan pers Kemlu, Selasa (5/3/2019).

"Pelayanan publik telah kami jadikan salah satu ukuran kinerja utama Perwakilan RI. Alhamdulillah, sejak 2018 secara bertahap Perwakilan-Perwakilan RI sudah mulai menerapkan konsep pelayanan satu atap tersebut," sambung dia.

Sistem pelayanan satu atap di perwakilan RI di luarnegeri pertama kali diterapkan oleh KBRI Seoul, Korea Selatan. Sistem tersebut diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2018.Selain Abu Dhabi, Jeddah, dan Seoul perwakilan satu atap RI juga terdapat di Tawau, Malaysia, dan Chicago, Amerika Serikat.(tri)    
Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar