ADVERTISEMENT

Pengelolaan Slot Time Dilakukan Transparan

Sabtu, 16 Desember 2017 01:14 WIB

Share
Pengelolaan Slot Time Dilakukan Transparan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA (Pos Kota) - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menyatakan pengelolaan waktu terbang (slot time) dilakukan secara online melalui sistem aplikasi Chronos dengan mengedepankan transparansi. Hal itu disampaikan Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Didiet K. S. Radityo Jumat (15/12), menanggapi berita poskotanews.com Sistem aplikasi Chronos adalah sistem aplikasi real slot yang dibuat oleh AirNav Indonesia dan telah terkoneksi dengan sistem Flight Approval (ijin rute) milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. "Seluruh maskapai memiliki akses langsung ke sistem Chronos yang sudah kami luncurkan sejak 2015 untuk mengajukan slot, merubah slot hingga membatalkan slot dan ini semua online, real time serta transparan," tutur Didiet. Dikatakannya setiap maskapai secara bersamaan bisa melihat dan mengakses pada tampilan yang sama sehingga setiap upaya kecurangan akan terlihat oleh lainnya. "Ini merupakan komitmen AirNav untuk transparan dalam pengaturan Slot dan meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna jasa,” terang Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia. Pengelolaan slot time, lanjutnya, sesuai dengan KP 112 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Alokasi Ketersediaan Waktu Terbang (Slot TIme) Bandara. Didiet menjelaskan, untuk penerbangan reguler, maskapai telah mendapat izin terbang dan slot dari Direktorat Angkutan Udara berdasarkan periode terbang, baik winter maupun summer. Namun, jadwal penerbangan tidak selalu tepat waktu dikarenakan berbagai macam faktor, seperti kendala cuaca, alasan operasional hingga force majure. Ini membuat maskapai harus melakukan penyesuaian slot. “Di sinilah maskapai menggunakan Chronos untuk melihat di jam manakah mereka bisa masuk. Maskapai akan mengecek bandara asal dan bandara tujuan, apakah kapasitasnya masih tersedia. Dan semua ini online serta real time, jadi sangat transparan,” jelas Didiet. Mengenai permintaan ekstra flight, Didiet menjelaskan, setiap maskapai harus mendapatkan flight approval (FA) dari Direktorat Angkutan Udara dengan memperhatikan kapasitas runway bandara apakah memadai dan harus minta izin ke bandara asal maupun tujuan untuk mengetahui kapasitas apron, parking stand hingga kapasitas terminal. Persetujuan slot time pasti memperhatikan Notice of Airport Capacity (NAC) dari bandara asal maupun tujuan. “Pada sisi AirNav kami memastikan penerbangan dapat dilayani sesuai dengan kapasitas runway,” katanya. Sebelumnya Ketua Bidang Transportasi dan Energi Seknas Jokowi, Tumpak Sitorus meminta Dirjen Perhubungan Udara beserta otoritas bandara di seluruh Indonesia untuk tidak melakukan praktik jual beli slot penerbangan di liburan Natal dan Tahun. Segala prosedur penerbangan sipil pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2018 tetap mengacu kepada peraturan serta tidak boleh ada satu keputusan yang dilanggar karena ini menyangkut keselamatan orang banyak. (dwi)

ADVERTISEMENT

Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT